Menu

Wako Sawahlunto Ikuti Asia Pacific Mayors Academy, Memperluas Jaringan Promosi Daerah

  Dibaca : 99 kali
Wako Sawahlunto Ikuti Asia Pacific Mayors Academy, Memperluas Jaringan Promosi Daerah
PESERTA— Wali Kota Sawahlunto Deri Asta jadi peserta program Asia Pacific Mayors Academy Class 2020 - 2021 yang diselenggarakan Organisasi Non Pemerintah di bawah PBB.

SAWAHLUNTO, METRO–Mewakili Indonesia, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menjadi peserta program Asia Pacific Mayors Academy Class 2020 – 2021 yang diselenggarakan Or­ganisasi Non-Pemerintah di bawah PBB, seperti United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC), UN HABITAT, UN ESCAP, AP­RU, IGES dan melibatkan aka­demi dari universitas ter­nama di luar negeri, se­lama 7 bulan, dari November 2020 hingga Juni 2021.

Deri Asta yang menjadi satu-satunya wali kota dari Indonesia yang me­ngikuti kegiatan yang me­ngangkat tema “Sustainable Urban Development” mengatakan, keikut­ser­taan ini merupakan pintu gerbang bagi Sawahlunto dalam menjalin sinergi dengan kota/negara lain dalam kawasan Asia Pa­sifik.

“Kita bersyukur, da­lam mengikuti kegiatan ini dipercaya untuk mewakili Indonesia. Kemudian da­lam kegiatan Asia Pacific Mayors Academy ini kita mendapatkan pening­ka­tan kapasitas dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan kota khu­susnya dikaitkan dengan implementasi Tujuan Pem­bangunan Berkelanjutan (TPB) atau yang dikenal luas sebagai Sustainable Development Goals (SD­G’s) 2030. Karena ini kan kita belajar, ada penyam­paian dari pemateri yakni para akademisi dan prak­tisi, kemudian juga saling berbagi (sharing) antar peserta. Kita bisa belajar juga bagaimana penge­lolaan dan pembangunan kota-kota lain di negara kawasan Asia Pasifik ini. Itu ilmu -ilmu yang sangat bermanfaat, yang bisa kita kaji untuk diterapkan di Sawahlunto,” sebut Deri.

Buah dari mengikuti kegiatan ini, Sawahlunto memperoleh jaringan (net­working) dan promosi po­tensi kota dengan pe­me­rintah kota/negara/lem­baga di kawasan Asia Pa­sifik yang menjadi pe­serta kegiatan Asia Pacific Mayors Academy ini.

Ditambahkan Deri, ke­gia­tan ini telah membuka banyak peluang bagi Sa­wah­lunto untuk menjalin sinergi dengan pemerin­tah kota/negara lain. Si­nergi ini sangat diperlu­kan bagi Sawahlunto teru­tama dalam meningkatkan kun­jungan wisata dan me­narik investasi dengan menge­depankan status Warisan Dunia UNESCO (Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto).

“Memang dampak lang­sung, misalnya ada ang­garan bantuan seperti itu belum ada di kegiatan ini. Namun bukan berarti tidak maksimal hasil yang kita peroleh dari mengikuti kegiatan ini. Sebab ini hanya permulaan, ger­bangnya, Nanti untuk man­faat yang lebih nyata ter­lihat realisasinya tentu dalam tindak lanjut. Yang sekarang ini adalah kunci untuk melangkah pada tindak lanjut,” kata Deri.

Kepala Barenlitbangda Kota Sawahlunto, Lelis Eprienti bersama Tim Pen­­damping Walikota Sawah­lunto dalam kegiatan ter­sebut menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah perlu mengaitkan Tujuan Pem­bangunan Berkelanjutan dalam mendukung pelak­sanaan pembangunan di daerahnya.

“Kegiatan ini sangat bagus dalam memberikan pemahaman berdasarkan best practice dari kota-kota lain di luar negeri. Kita perlu menyelaraskan ren­cana pembangunan dan bagaimana pencapaian Tujuan Pembangunan Ber­ke­lanjutan itu bisa ter­wujud. Walikota juga dia­jak untuk berkomitmen untuk mewujudkan Ren­cana Aksi setelah program ini berakhir” kata Lelis Eprienti, pada sesi Graduation Ceremony Walikota Sawahlunto pada Asia Pacific Mayors Academy, Selasa (22/6) lalu.

Selama pelaksanaan kegiatan Asia Pacific Mayors Academy ini, Walikota Sawahlunto mengikuti de­ngan aktif. Seperti yang disampaikan oleh salah satu tim pendamping, Hel­mi Surya.

“Tingkat partisipasi beliau sangat tinggi d­i­tengah-tengah jadwal ker­ja yang cukup padat. Program tersebut dilak­sa­nakan secara daring de­ngan jadwal pertemuan setiap dua minggu sekali,” kata Helmi.

Helmi lebih lanjut me­la­porkan, peserta Asia Pacific Mayors Academy tahun 2020 – 2021 adalah 16 Walikota yang berasal dari 9 negara di Asia Pa­sifik. Dari Indonesia di­wakili oleh Walikota Sa­wahlunto Deri Asta. Kemu­dian negara lain yang Walikota – nya mengikuti kegiatan ini adalah ; Iran, Malaysia, Filipina, Thailand, Sri Lanka dan Pakistan”.

“Setiap kesempatan presentasi, Walikota Sa­wahlunto selalu menyisip­kan promosi – promosi wisata dan potensi in­vestasi di Sawahlunto. Ini menarik perhatian besar dari peserta lain dan Lem­baga-lembaga inter­na­sional, apalagi mereka tahu Sawahlunto adalah World Heritage versi U­NES­CO,” kata Helmi.

Keikutsertaan Wali­kota Sawahlunto Deri Asta dalam kegiatan Asia Pacific Mayors Academy ini, dikatakan oleh Amri Par­mato salah satunya ka­rena Sawahlunto telah ditunjuk sebagai salah satu kota localise SDG’s oleh UCLG ASPAC se­bagai contoh dalam pen­capaian tujuan pem­ba­ngunan berkelanjutan di Indonesia. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional