Menu

Wako Sawahlunto dan PKK Serahkan Bantuan Bibit Ikan

  Dibaca : 89 kali
Wako Sawahlunto dan PKK Serahkan Bantuan Bibit Ikan
TEBAR BIBIT IKAN— Wali Kota Deri Asta bersama Ketua TP - PKK Ny Meivyta Deri Asta menebar bibit ikan bantuan untuk Kelompok Perikanan Multikarya Group di Dusun Balai Tangah Desa Pasar Kubang, Kecamatan Lembah Segar.

SAWAHLUNTO, METRO–Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny  Meivyta Deri Asta mengikuti panen dan pe­nyerahan bantuan bibit ikan untuk Kelompok Peri­kanan Multikarya Group di Dusun Balai Tangah Desa Pasar Kubang Kecamatan Lembah Segar, Sabtu (10/7).

Dukung Kelompok – Kelompok Perikanan, Pem­ko Sawahlunto Bantu Dengan Bibit Ikan, Pin­jaman Dari UPTD Dana Bergulir, Sampai Pengo­lahan Produk Berbahan Baku Ikan Oleh PKK dan FORIKAN.

Kelompok Perikanan Multikarya Group ini me­ngelola 5 buah kolam yang diisi dengan ikan patin. Kepada Walikota Deri As­ta, kelompok tersebut me­ngaku bahwa kendala yang dihadapi adalah tingginya biaya pakan ikan.

Karena itu, seperti yang disampaikan Ketua Ke­lom­pok, Very Arianto, pi­hak­nya sedang meren­canakan untuk membuat pakan ikan sendiri. Namun untuk itu dibutuhkan mo­dal yang cukup besar.  “Memang untuk biaya/cost produksi paling besar itu habisnya di biaya pa­kan. Jadi kami ingin untuk mensiasati hal tersebut dengan membuat pakan sendiri. Namun belum bisa dilaksanakan karena be­lum cukup modal,” kata Very Arianto.

Menanggapi kendala Kelompok Perikanan Mul­ti­karya Group itu, Walikota Deri Asta menawarkan beberapa solusi. Antara lain adalah melalui pinja­man dari UPTD Dana Ber­gulir.  “Coba dihitung – hitung dulu nilai ekonomis dari hasil panen ikan ini. Nanti perhitungan itu yang menjadi dasar dan pertim­bangan untuk diajukan ke UPTD Dana Bergulir,” kata Deri Asta.

Sementara, Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto yang juga Ketua Forum Gemar Makan Ikan (FORIKAN) Kota Sawahlunto, Ny. Mei­vyta Deri Asta, menya­takan segera meng­koor­dinasikan kepada jaja­rannya di PKK dan FORI­KAN untuk membuat pro­duk olahan dari ikan – ikan yang dipanen dari kolam Kelompok Multikarya Gro­up ini. Sehingga dengan produk olahan yang bera­gam itu, meningkatkan jangkauan pemasaran mau­pun harga jual.

“Ikan – ikan dari sini sebagai bahan baku, itu potensinya sangat besar bisa kita olah menjadi beragam produk maka­nan. Kami akan segera mengkaji dan menin­dak­lanjuti ini, bersinergi PKK dengan FORIKAN. Se­hingga ikan – ikan ini men­jadi semakin menarik bagi masyarakat untuk dikon­sumsi, yang mana itu ten­tunya berpengaruh pada peningkatan kesejah­te­raan dari para peternak ikan kita,” kata Meivyta Deri Asta. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional