Close

Wako Sawahlunto Berikan Kuliah Umum di PSDKU UNP, Pemko Terus Berupaya Mempermudah Akses Pendidikan

KULIAH UMUM— Wali Kota Sawahlunto Deri Asta memberikan kuliah umum pada anak-anak PSDKU UNP Sawahlunto di GPK (Gedung Pusat Kebudayaan) Kota Sawahlunto.

SAWAHLUNTO,  METRO–Walikota Sawahlunto Deri Asta memberikan kuliah umum kepada mahasiswa PSDKU UNP Sa­wahlunto dengan tema “kenalkan diri, lejitkan potensi dan raih prestasi.  Dengan kondisi kaki yang terpincang-pincang akibat asam uratnya kambuh, Deri Asta tetap semangat menjadi dosen untuk mahasiswa PSDKU UNP di Gedung Pusat Kebuda­yaan (GPK) Sawahlunto, Rabu (10/11).

Pada kesempatan itu Deri Asta mengungkapkan, bahwa Pemko Sa­wahlunto selalu memikirkan mengenai tingkat pen­didikan anak-anak Sa­wahlunto dan mempermudah akses bagi anak-anak Sawahlunto, kemudian bisa memperoleh pendidikan tinggi. Latar belakang dibuka kampus PSDKU UNP di Sawahlunto adalah karena Kota Sa­wahlunto tersebut ber­kembang dan tumbuh akibat adanya perusahaan tambang batubara yang besar.

Sebab di Sawahlunto ditemui cadangan batubara yang banyak dengan mutu yang sangat bagus oleh Belanda. Ini terjadi efek dari revolusi industri pada tahun 1800, yang merubah tenaga kuda men­jadi mesin dan mesin-mesin tersebut membutuhkan bahan bakar. Itulah asal muasal dibukanya tambang batubara secara besar-besaran di Kota Sawahlunto. “Untuk PSDKU UNP di Kota Sa­wahlunto akan disediakan reward-reward khusus di tahun 2022. Reward ini untuk memancing motivasi belajar anak dan juga o­rang tua untuk benar-benar mendukung anak­nya dalam menuntut il­mu ke jenjang yang le­bih tinggi di PSDKU UNP Sawahlunto,” kata Deri Asta.

“Jadi dengan adanya kampus PSDKU UNP ini, bila mahasiswanya membutuhkan praktek bisa langsung praktek di Sa­wahlunto, yang memang sudah memiliki lokasi pertambangan. Berdasarkan pengalaman dari yang sudah-sudah biasanya lulusan dari program se­kolah tambang di Sawahlunto dulu, langsung saja diterima didaerah lain bekerja karena sudah terpercaya. Begitu juga diharapkan untuk anak-anak yang saat ini berkuliah PSDKU UNP di Kota Sa­wahlunto,” kata Deri Asta.

Wakil Dekan Fakultas Teknik UNP Dr Fahmi Rizal menyebutkan, ada rencana simasa yang akan datang menjadikan program Diploma III pada PSDKU UNP ini untuk ditingkatkan ke program Diploma IV. PSDKU UNP di Sawahlunto akan kedepannya akan dijadikan program studi tersendiri dan administrasinya akan dibenahi kembali.

“Untuk kegiatan di kemahasiswaan diluar pembelajaran sangat kami dukung karena itu termasuk pembinaan karakter. Bila cuma belajar ke kampus untuk mengejar IPK 4, itu belum tentu sukses, namun bila diikuti dengan kegiatan diluar pembelajaran yang sifatnya positif maka iti akan membantu keberhasilan nantinya bila telah tamat dari perkuliahan,” ujar Fahmi. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top