Close

Wako Pimpin Apel Usai Cuti Lebaran, Kehadiran ASN Pemko Capai 100 Persen

Apel Gabungan— Wali Kota Padang Hendri Septa memimpin apel gabungan di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Padang, di halaman Balaikota Padang, Aie Pacah, Senin (17/5).

AIEPACAH, METRO
Hari pertama kerja, Senin (17/5), sejumlah kepala OPD Pemko Padang melakukan pemantauan tingkat kehadiran pegawai Pemko Padang. Dari pemantauan itu didapatkan tingkat kehadiran ASN mendekati angka 100 persen.

“Alhamdulillah, tingkat kehadiran pegawai di hari pertama kemarin mendekati angka 100 persen. Hanya sebagian kecil yang tak hadir. Itupun karena alasan sakit yang dibuktikan dengan surat sakit,” sebut Kepala BKPSDM Pemko Padang, Arfian, Senin (17/5).

Saat ini, kata dia, jumlah pegawai Pemko di luar guru adalah sekitar 9.000 orang. Mereka tersebar di semua OPD Pemko Padang. Semua ASN itu pada hari kerja mengisi absensi dengan sistem online yang hanya bisa diakses ketika yang bersangkutan berada di sekitar lokasi kantor.

“Artinya, sistem online ini mengiring ASN untuk selalu hadir tepat waktu sesuai aturan yang telah ditetapkan,” kata Arfian lagi.

Ia mencontohkan pada saat melakukan pemantauan di Dinas Pendidikan Padang. Di sana ada 128 ASN. Yang hadir adalah 125 orang. Sementara dua orang lagi sakit dan satu orang sedang melakukan tugas melakukan pemantauan ke OPD lain.

“Kita berharap, tak hanya pada hari pertama ini saja tingkat kehadiran bagus. Tapi juga pada hari-hari lainnya,” sebut Arfian.

Sebelumnya, Senin pagi, Wali Kota Padang Hendri Septa memimpin apel gabungan di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Padang di halaman Balaikota Padang, Aie Pacah. Pada apel gabungan perdana pascalebaran Idul Fitri 1442 H/2021 M tersebut Wako Hendri Septa menyampaikan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi ASN Pemko Padang.

“Atas nama pribadi, keluarga dan Pemko Padang, saya mengucapkan Selamat Idul Fitri 1442 H/2021 M, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Wako Hendri mengawali sambutannya.

“Hendaknya ASN Pemko Padang dapat mengambil pembelajaran dari momentum Ramadan yang telah berlalu. Jadikanlah Ramadan kemarin itu seperti “bimtek” atau “pelatihan” bagi diri kita untuk memperbaiki diri dalam berbagai hal,” lanjutnya.

“Karena orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin,” tegas Wako. “Sebab itu, niatkan pula lah setiap harinya kita bekerja dapat memberikan yang terbaik bagi instansi ini.

“Jangan pula menjadikan pandemi sebagai halangan untuk terus berprestasi,” lanjutnya lagi. “Berinovasi lah setiap hari, tidak peduli kita bekerja dengan pemimpin yang baru atau yang lama, karena pemimpin bisa saja silih berganti, sedangkan tugas bapak/ibu semua adalah bekerja sebaik-baiknya.

“ASN Pemko harus dapat menjadi superior, dimanapun berada harus jadi panutan,” imbuh Wako. Untuk itu saya juga berharap bapak/ibu bisa menjadi agen yang dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pandemi belum berakhir, sehingga disiplin menerapkan protokol kesehatan adalah hal yang tidak boleh diabaikan,” pungkas Wako.

Turut hadir beberapa orang pejabat Pemko yang sedang melakukan monitoring kehadiran ASN di Balaikota Padang Aie Pacah. Kemudian, Wako melanjutkan inspeksinya ke Dinas Kesehatan Kota Padang dan Bappeda. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top