Close

Wako Pariaman Usulkan Revitalisasi Terminal Tipe A

PERTEMUAN—Wako Genius Umar saat pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar mengusulkan revitalisasi dua kawasan sektoral lalu lintas ke Kementerian Perhubungan RI, di Jakarta.  Adapun kawasan tersebut yakni revitalisasi Terminal Tipe A Jati Pariaman dan Pemba­ngu­nan Pe­labuhan Penyebe­rangan dari Kota Pariaman ke Mentawai dengan lokasi penempatan di Desa Pasir Sunur.

Semua itu terungkap saat melakukan pertemu­an dengan Dirjen Perhu­bungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi didampi­ngi oleh Asisten II Pemko Pariaman Elfis Candra dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Afwandi. “Jika terminal ini di revita­lisasi dan pelabuhan pe­nyeberangan dibangun, maka akan menjadi pendongkrak ekonomi Pariaman karena posisi Kota Pariaman berada pada ja­lur pelintasan antar kabupaten kota di Sumatera Barat,” jelasnya.

Katanya, dengan pertimbangan pengemba­ng­an kawasan ini nantinya sebagai kegiatan ekonomi dan produksi, melalui Pemko Pariaman kita akan u­payakan pembangunan dan penataan kembali kawasan terminal jati ini, menghidupkan kembali aktivitas masyarakat, jasa industri dan pariwisata, yang nantinya akan berdampak ekonomi bagi masyarakat.

Permintaan Wako Genius Umar ini sangat di apresiasi dan diterima lang­sung oleh Dirjen Perhubungan Darat tersebut, karena ini merupakan bagian tugas penting pemerintah pusat melalui daerah dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat di tengah situasi pandemi ini.

Budi, nyatakan kesiapannya untuk pemba­ngu­nan revitalisasi terminal Tipe A Jati Pariaman di tahun 2023 mendatang, serta Pembangunan pelabuhan penyeberangan Pa­riaman-Mentawai yang luasnya 1 Ha yang akan menelan anggaran Rp.200 Miliar itu. “Tentunya nanti kita laporkan terlebih dahulu ke Pak Menteri Perhubungan RI, dan siap untuk kita lakukan survey lokasi, guna kelengkapan persiapan pembangunan,” ujar Budi mengakhiri pembicaraannya kepada Wako Genius Umar.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top