Close

Wako Pariaman Serahkan Bantuan Nelayan

SERAHKAN BANTUAN UNTUK NELAYAN— Wali Kota Pariaman Genius Umar serahkan bantuan kepada nelayan Kecamatan Pariaman Selatan sebesar Rp 900 juta.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman Ge­nius Umar menye­rah­kan bantuan kepada ne­layan Kecamatan Paria­man Se­latan sebesar  Rp 900 juta. Bantuan yang berupa paket lengkap nela­yan diperoleh Pemerintah Ko­ta Pariaman melalui Dana Alokasi Khu­sus (DAK).

“Bantuan ini meru­pa­kan dana DAK tahun 2021 untuk Kota Pariaman. Awal­nya bantuan ini nyaris ter­tunda dan akan dilakukan untuk tahun 2022. Namun melihat situasi nelayan dengan alat tangkap yang sudah tidak layak, kita laku­kan gerak cepat dan men­jemput bantuan tersebut hingga ke Kementerian dan alhamdulillah berhasil sehingga sekarang nela­yan sudah bisa melaut kem­bali dengan peralatan yang telah diberikan, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar, kemarin.

Bantuan sebesar Rp 900 juta terdiri dari 12 paket dan diberikan kepada 7 (tujuh) kelompok nelayan. 1 (satu) paket bantuan terdiri dari Kapal penangkap ikan, me­sin dengan kecematan 15 PK, alat tangkap berupa pancing, jaket pelampung, jangkar dan fishboox.

“Hari ini memang kita mendapatkan bantuan ha­nya 12 paket. Bagi yang belum mendapatkan bantuan ini, kita akan usahakan kembali meminta bantuan pada Kementerian. Semoga saja akan ada DAK tahun 2022 untuk Kota Pariaman, “ tambahnya.

Perikan menjadi salah satu sektor utama bagi masyarakat pinggir pantai di Kota Pariaman untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Kota Pariaman memiliki potensi kelautan yang besar sehingga nelayan di Kota Pariaman mampu menghasilkan ikan yang segar dan bagus.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, dapat meningkatkan kemampuan nelayan dalam menangkap ikan, meningkatkan mutu hasil tangkapan, mening­katkan pendapatan dan ke­sejahteraan nelayan, mam­­pu meningkatkan da­ya saing dalam pemanfaatn sumber daya ikan dan yang paling penting dengan kapasitas mesin yang besar,  lebih bisa menjaga keselamatan dari bahaya cuaca yang kurang baik saat melaut,” ujarnya.

Adapun kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan tersebut adalah kelompok nelayan Cahaya Sinar Laut Desa Taluak 1 paket, kelompok nelayan Do’a  Mande Desa Marunggi 2 paket, Sumbar Riau Desa Talauk 2 paket, kelompok nelayan Paus Sejati Desa Talauk 3 paket, Fajar Jaya Desa Taluak 2 paket, Perhimpunan Nelayan Sejahtera Desa Marunggi  1 paket dan kelompok nelayan Tuah Basamo Desa Pasir Sunur sebanyak 1 Paket.

“Ini merupakan  bukti kepedulian Pemerintah Kota Pariaman dalam upaya peningkatan ekonomi nelayan. Untuk itu diharapkan bantuan tersebut dimanfaatkan dan dijaga dengan baik. Yang paling penting sekali adalah jangan sampai bantuan ini berpindah tangan kepada yang lain atau dijual karena apabila kita mendapat kabar bantuan tersbut dijual, kelompok nelayan tersebut tidak akan diberi bantuan lagi, “ tutup­nya.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top