Close

Wako Pariaman: Peringatan Maulid Nabi Hendaknya Dilestarikan

Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan berzikir bersama dan kegiatan lainya seperti malamang dan makan bajamba, telah menjadi budaya yang melekat bagi masyarakat Kota Pariaman.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan berzikir bersama dan kegiatan lainya seperti malamang dan makan bajamba, telah menjadi budaya yang melekat bagi masyarakat Kota Pa­riaman.

“Bahkan kita di Kota Pariaman  secara turun temurun, untuk itu hendaknya kita terus menjaga kegiatan ini, agar esensi peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini, tidak menyimpang dari ajaran islam, dan dapat terus kita pertahankan,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin, usai menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, di Masjid Raya Taluak, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, kemarin.

Katanya, kekompakan masyarakat yang ber­sama-sama meramaikan dan bergotong royong dalam membuat lamang dan jamba, menjadi nilai plus bagi masyarakat Kota Pariaman dalam me­nyambut peringatan Nabi besar umat Islam, Muhammad SAW ini, dan ini hendaknya dapat dipelihara terus menerus untuk untuk generasi selanjutnya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa jangan hanya kompak dan ramai pada kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, tetapi hendaknya untuk kegiatan keibadahan lainya, seperti sholat berjamaah dan magrib mengaji, juga tetap ramai.

“Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW ini, hendaknya dimaknai dengan merefleksikan ba­gaimana sifat Nabi akhir zaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sifat amanah, jujur, tegas, musyawarah, menghargai sesama, lembut, pengasih dan pemaaf, yang kiranya dapat kita tiru,” tuturnya.

Genius juga mengajak agar masyarakat dapat memakmurkan mesjid, dengan mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang bernuansa islami, serta merangkul generasi muda untuk turut serta dalam mengisi kegiatan yang ada di setiap mesjid dan mushalla.

“Semoga kita semua selalu dalam bimbingan beliau, yang tetap istiqomah dalam menjalankan apa yang diajarkanya, untuk menciptakan ketenangan dan menjalankan semua perintahnya, serta menjauhi semua yang dilarangnya, sehingga Pariaman menjadi Badlatun toibah warabur gafur,” tutupnya. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top