Menu

Wako Pariaman Peduli Warga Kurang Mampu, Berikan Bantuan Peralatan Keluarga

  Dibaca : 83 kali
Wako Pariaman Peduli Warga Kurang Mampu, Berikan Bantuan Peralatan Keluarga
SERAHKAN—Wako H Genius Umar memberikan bantuan kepada Zaini (78 tahun), warga Dusun Pakotan, Desa Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar kemarin, me­rasa prihatin atas kea­daan warganya yang ku­rang beruntung atau ku­rang mampu dalam da­erahnya. “Kita berikan bantuan, mu­lai dari sem­bako, matras, dan family kit yang berisi peralatan lengkap ke­luar­ga beserta uang tunai se­besar Rp. 500.000 rupiah kepada keluarga tersebut,” kata H Genius Umar, ke­marin.

Katanya, bantuan ini diberikan untuk bapak Zai­ni umur 78 tahun, war­ga Dusun Pakotan, Desa Sika­pak Barat, Kecamatan Pa­riaman Utara, karena hi­dup seorang diri. Bahkan katanya, beliau tahun ta­hun 2019 lalu mendapat bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swa­daya (BSPS ) dari Kemen­terian Perumahan Rakyat melalui Dinas Perkim LH.

“Kami mendengar pak Zaini ini, kesehatanya se­makin menurun, walau­pun masih ada saudara jauh yang tiap hari me­ngan­tarkan makanan dan me­rawat beliau, untuk itu hari ini kami datang sedikit mem­bawa bantuan yang sekiranya diperlukan oleh beliau saat ini,” ujar Genius Umar.

Dikatakan,  pak Zaini ini telah banyak menda­pat­kan bantuan program dari pe­merintah, mulai dari BSPS, Bantuan dari Ke­men­terian Sosial, seperti bantuan pa­ngan tunai, bantuan sem­bako dan lain­­nya.

“Kita juga memberikan pelayanan bidan desa yang setiap hari mengecek ke­sehatan pak Zaini, di­mana saat ini mengalami stroke sehingga tidak bisa ber­jalan. Dari desa juga me­nyediakan tenaga un­tuk mengecek keadaan beliau dan memberikan bantuan BLT yang berasal dari dana desa,” tuturnya.

Genius Umar menje­laskan bahwa seluruh sta­ke­holder telah mem­be­rikan perhatian kepada pak Zaini, mulai dari Pe­me­rintah Pusat, Dinas Terkait, seperti Dinas So­sial, Dinas Perkim LH, Dinas Ke­se­hatan, Keca­matan Paria­man Utara dan Desa Sika­pak Barat, yang bahu mem­bahu un­tuk me­ri­ngan­kan beban dari pak Zaini ini.

“Kita berharap, agar pak Zaini dapat segera sehat, dan kami akan se­lalu ada untuk bapak, di­ma­na ini menggambarkan bah­wa pemerintah hadir untuk warganya dan se­lalu mem­bantu dengan apa yang kita bisa,” tutup­nya.

Menurut penuturan Ke­pala Dinas Sosial Kota Pariaman, M. Rum men­jelaskan bahwa Pak Zaini ini dahulunya berprofesi sebagai sopir yang ber­domisili di jakarta, mem­punyai dua istri, istri per­tama meninggal, dan se­belumnya tinggal di tem­pat istri kedua, tetapi se­jak beliau sering sakit-sakitan, istri kedua beliau menyu­ruh pulang ke Kota Pa­riaman.

“Beliau ini pulang se­kitar 2 tahunan yang lalu, dan kondisinya mulai an­jlok sampai tidak bisa ber­jalan, baru 3 bulan ini, dan setelah diperiksa oleh bi­dan desa, beliau mem­punyai penyakit stroke, sampai saat ini setiap hari kondisi beliau dipantau terus oleh bidan desa,” tukasnya.

“Untuk rencana pe­nanganan, kita akan me­lengkapi fasilitas yang ada di rumah ini, mulai dari listrik, air bersih, serta memperbaiki rumah yang masih banyak keku­ra­ng­an. Kita juga selalu ber­kor­dinasi dengan pihak dan instansi terkait agar ke­butuhan dari pak Zaini dapat terpenuhi, karena beliau tinggal sendirian,” ucapnya mengakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional