Close

Wako Pariaman Letakkan Batu Pertama RTLH

Wali Kota Pariaman H Genius Umar meletakan batu pertama Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ).

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar meletakan batu pertama Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ). “Sekarang saya meletakkan batu pertama pem­bangunan rumah milik Jufni Anwar di Dusun Baruah Kubu, Desa Cubadak Air, Kecamatan Pariaman Utara,” kata Genius Umar, kemarin.

Katanya, rumah yang dibangun melalui program Bedah Rumah, kerjasama Badan Amil Zakat Nasional  ( Banas) dan Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial ( LKKS ) Kota Pariaman dan Juga Dinas Sosial ini.

Untuk RTLH di Kota Pariaman sendiri, me­mang masih ada beberapa rumah yang tidak layak huni, karena itu, pihaknya gencar melakukan program Bedah rumah ini, untuk memperbaiki kualitas rumah yang bersangkutan. “Awalnya rumah ini hanya berukuran 3×3 meter saja, nanti setelah dibangun, akan mempunyai ukuran 6×7 meter, dan mempunyai beberapa kamar, yang awalnya hanya satu kamar, sehingga rumah ini menjadi nyaman untuk ditempati dan tidak berdesak-desakan lagi,” tuturnya.

Hal ini tentu tanpa alasan, karena pak Jufni Anwar ini, mempunyai satu orang istri dan 7 (tujuh) orang anak, sehingga kondisi rumah yang sekarang sangat tidak layak, karena itu, Wako Pariaman juga menilai bantuan Bedah Rumah ini sangat tepat sasaran.

“Kita menginginkan masyarakat yang hidup layak, dengan tercukupi sandang, pangan dan papanya, sehingga kita berharap, mereka akan menjadi keluarga yang sejahtera dan tercukupi ekonominya, selain dengan rumah yang layak,” ungkapnya.

Genius juga menginstruksikan kepada Kepala Desa setempat, untuk meminta bantuan Toilet di Dinas Perkim LH, dan juga bantuan Etalase kepada Dinas Perindagkop dan UKM, agar sang istri juga bisa berjualan, dan untuk isi daganganya nanti diisi oleh Baznas Kota Pariaman.

“Semoga bantuan yang kita berikan, dapat bermanfaat dan merubah kesejahteraan pak Jufni Anwar yang berprofesi sebagai buruh ini, menjadi lebih baik lagi, dan nantinya akan terbebas dari jerat kemiskinan, sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan di Kota Pariaman yang kita cintai ini,” ujarnya.

Genius Umar juga berinisiatif menggalang dana dengan “Badoncek”, dimana uang yang terkumpul sebanyak Rp. 750 ribu rupiah, di­serahkan langsung olehnya kepada istri dari Jufni Anwar ini. Sebelum meninggalkan lokasipun, dirinya juga sempat membagikan beras kepada ibu-ibu yang ada di sekitar lokasi rumah yang akan dibedah.

Peletakan batu pertama ini juga dilanjutkan dengan peletakan batu oleh Kepala Dinas Sosial, Muhammad Rum, Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Adi Junaidi, Baznas Kota Pariaman, Ustad Dedi Kurniadi dan Pj Kepala Desa Cubadak Air, Afwandi yang juga Plt Kadis Perhubungan. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top