Close

Wako Pariaman Launching Gerakan Nasional Aksi Bergizi 2022

RIAMAN, METRO Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Launching Gerakan Nasional Aksi Bergizi tingkat Kota Pariaman Tahun 2022

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Launching Gerakan Nasional Aksi Bergizi tingkat Kota Pariaman Tahun 2022, dimana kegiatan ini dilakukan serentak di 514 Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia. “Untuk Kota Pa­riaman, ada 2 (dua) sekolah yang kita launching, yaitu di SMP N 4 Pariaman dan MAN Padusunan Pariaman, dimana saya melaunching Gerakan Nasional Aksi Bergizi ini, di SMP N 4 Pariaman,” ujar Walikota Pa­riaman Genius Umar, kemarin.

Kegiatan dimulai dengan senam pagi bersama, sesi edu­kasi interaktif ceria, sarapan pagi bersama, pemberian aksi konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah) dan dilanjutkan dengan pemeriksaan HB (Hemoglobin) untuk remaja putri. “Indonesia merupakan contoh negara de­ngan tiga masalah gizi pada anak dan remaja, yaitu Stunting, Obesitas dan Anemia. Khusus Anemia, hari ini kita melaksa­nakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi tingkat Kota Pariaman, dalam hal memberikan sosia­lisasi, terkait anemia, kepada pelajar di SMP N 4 Pariaman, khususnya remaja,” tukasnya.

Genius menjelaskan angka kejadian anemia di Indonesia terbilang masih cukup tinggi. Berdasarkan data Riskesdas 2018, prevalensi anemia pada remaja, sebesar 32 %, artinya 3-4 dari 10 remaja, menderita anemia. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal dan kurangnya aktifitas fisik. “Melihat ting­ginya kasus anemia di indonesia, Kementerian Kesehatan dan UNI­CEF menginisiasi kegiatan #AksiBergizi, yang mulai dilaksanakan di Kabupaten Klaten dan Kabupaten Lombok Barat, me­lalui advokasi, mobilisasi se­kolah dan masyarakat, koordinasi multi sektor, penguatan kapasitas serta pemantauan dan evaluasi, dan terus dilanjutkan sampai saat ini,” ungkap­nya.

Genius berharap, kegiatan ini dapat memotivasi sekolah-sekolah lain untuk ikut melaksanakan kegiatan #AksiBergizi secara rutin, sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional, ucapnya.

“Remaja yang sehat adalah remaja yang fisiknya kuat, gizi yang yang seimbang, membiasakan makan buah, melakukan olahraga teratur, dan dapat mengelola stres dengan baik, dengan demikian kita dapat menciptakan generasi yang unggul dan handal, sehingga, nantinya akan tercipta generasi yang handal, yang akan me­lanjutkan estafet kepemimpinan daerah dan negeri kita tercinta ini,” ujarnya.

Acara ini dihadiri juga oleh beberapa Kepala OPD, Forum Kota Sehat Kota Pariaman, Kepala Sekolah SMP dan SMA se Kota Pariaman, Kepala Puskesmas se Kota Pariaman, Jajaran Dinas Kesehatan sebagai panitia acara dan Kepala Sekolah SMP N 4 Pariaman, beserta jajaran majelis guru serta seluruh pelajar SMP N 4 Pariaman. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top