Menu

Wako Pariaman Kunjungi Markas Koarmada II TNI AL

  Dibaca : 46 kali
Wako Pariaman Kunjungi Markas Koarmada II TNI AL
KUNJUNGI KOARMADA II— Wako Pariaman Genius Umar bersama Panglima Koarmada II (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman, Genius Umar melakukan  kunjung ke Markas Ko­mando Armada (Koar­ma­da) II, Semampir, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur diterima Panglima Komando Armada II, (Lak­sda) TNI Iwan Isnurwanto.

Kunjungi Markas Ko­mando Armada II TNI AL Surabaya, Wali Kota Pa­riaman, Genius Umar dite­rima langsung oleh Pang­lima Komando Armada II (Pangkoarmada II), Lak­samana Muda (Laksda) TNI Dr. Iwan Isnurwanto.

Panglima Koarmada II, Laksda TNI Dr. Iwan Is­nurwanto, S.H.,M.A.P., M.­Tr.(Han) menyampaikan apresiasi kepada Peme­rintah Kota Pariaman, di­mana Walikotanya benar-benar Genius, dapat me­nangkap peluang untuk memajukan daerahnya.

“Kami menyambut baik kunjungan ini, dimana sete­lah mendapatkan laporan bahwa Pemko Pariaman akan meminta Hibah Kapal Perang untuk dijadikan museum, kita langsung menyikapi dan menindak­lanjutinya,” tutur Jenderal Bintang Dua ini.

Mantan Komandan S­e­kolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Dan­ses­koal) ini juga menjelaskan, bahwa KRI (Kapal Perang Republik Indonesia) Teluk Ratai 509 yang saat ini bersandar di Armada II Surabaya, merupakan Ka­pal Perang yang akan dihi­bahkan ke Kota Pariaman.

“Kapal Perang yang menpunyai sejarah yang panjang, dan akan menjadi lebih berkarya apabila setelah purna tugasnya, dapat mengedukasi warga dengan menjadikanya Museum TNI Angkatan Laut, untuk itu kami mengu­cap­kan terimakasih untuk ke­sungguhan Kota Pariaman ini,” tutupnya.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengu­cap­kan terimakasih kepada Pangkoarmada II Sura­baya, yang telah bersedia menerima kedatangan diri­nya bersama rombongan dari Kota Pariaman, untuk meminta arahan dan seka­ligus mempererat tali sil­a­turahmi.

“Kedatangan kami un­tuk melihat langsung KRI Teluk Ratai 509, sekaligus untuk bertemu orang no­mor satu di Markas Ko­man­do Armada II Sura­baya ini, dan alhamdulillah, kedatangan kami diterima dengan baik,” ucapnya.

Genius Umar men­je­laskan Rombongan dari Kota Pariaman yang da­tang ke Armada II TNI AL Surabaya antara lain Ko­mandan Lantamal II Pa­dang, Laksamana Pertama TNI Hargianto dan jajaran Lantamal II Padang, Assis­ten I, Yaminurizal, Kadis PUPR, Asrizal, Kadis Ko­minfo, Hendri.

“Rombongan kami yang datang bersama dengan Danlantamal II Padang ini, membuktikan keseriusan kami di Kota Pariaman, dalam meminta Hibah KRI Teluk Ratai 509 yang be­rada di Armada II Sura­baya ini, untuk kami jadikan nantinya Museum TNI AL indonesia,” tukasnya.

Dalam sejarah per­jua­ngan ALRI pada masa ke­merdekaan, Pariaman mem­punyai peran yang sangat strategis, terutama saat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, periode 1945 – 1949, dimana Pariaman menjadi salah satu basis kekuatan per­juangan maritim rakyat Sumatera Barat, yang ter­gabung dalam Tentara Rak­yat Indonesia Laut Sumatera Tengah atau Re­simen ALRI, yang menjadi cikal bakal ALRI Pangkalan Besar Pariaman. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional