Menu

Wako Pariaman Buka Ikan Larangan

  Dibaca : 52 kali
Wako Pariaman Buka Ikan Larangan
LIHATKAN—Wako Pariaman H Genius Umar didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono lihatkan hasil ikan larangan yang berhasil dipanen.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman Genius Umar secara resmi membuka acara Mancing Mania Ikan Larangan yang digelar Pemuda dan Karang Taruna IKA­PERCA Desa Cubadak Air, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman, kemarin. Acara tersebut digelar dalam rangka Memeriahkan Dirgahayu RI ke-76 tahun.

Wali kota didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, Camat Pariaman Utara Ahadi Nugraha, Camat Pariaman Tengah Feri Ferdian Bgd Putra, Sekretaris Dinas Perindagkop UKM Alyendra dan Anggota DPRD Kota Pariaman Efrizal.

“Pemerintah Kota Pariaman menyambut baik kegiatan Mancing Mania Ikan Larangan di­se­panjang batang air Desa Cubadak Air ini, di­harapkan ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan sekaligus sebagai edukasi bagi warga desa se­tempat untuk turut andil menjaga ekosistem sungai ,” ungkap Genius

“Ikan larangan adalah tradisi masyarakat Pa­riaman untuk melakukan proteksi terhadap ikan. Ikan tersebut dipanen dalam jangka waktu tertentu tujuannya untuk menjaga keseimbangan ekosistem ,” terangnya.

Ada sebuah mitos masyarakat bahwa ikan ini dilarang untuk ditangkap, dipancing maupun dimakan, karena konon ceritanya siapa yang memakan ikan tersebut akan terkena musibah, entah itu sakit aneh, perut menjadi besar (buncit), ataupun musibah lainnya.

“Kegiatan ini diharapkan berjalan sukses dan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitarnya, serta memiliki potensi pariwisata bahari yang patut dijaga dan dilestarikan ,” pungkas Genius.

Ratusan para pemancing yang ikut dalam kegiatan ini tidak hanya dari warga Kota Pariaman saja tapi ada juga dari Kabupaten Padang Pariaman bahkan Kota Bukittinggi. Peserta hanya membayar insert sebesar Rp.100 ribu saja dan dapat memancing ikan sepuasnya di sepanjang batang air di desa tersebut.

Kegiatan lomba mancing mania ikan larangan tersebut disambut antusias warga Desa Cubadak air dan sekitarnya. Ratusan warga pecinta pancing sauh bersauh menggelar mata pancing dilokasi acara. Jenis ikannya, Ikan Nila, Ikan Lambau, Ikan Gariang, dan Ikan Panjang. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional