Menu

Wako Pariaman Ajak Orang Tua, Kontrol Anak Gunakan Gadget

  Dibaca : 98 kali
Wako Pariaman Ajak Orang Tua, Kontrol Anak Gunakan Gadget
Genius Umar

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan media digital dapat men­jadi wadah untuk menye­barluaskan informasi me­ngenai budaya bangsa Indonesia dalam bentuk apapun dengan mudah dan cepat, seperti yang dilaksanakan oleh Kemen­terian Kominfo RI dengan webinar nasional.

“Sekarang saya men­jadi nara sumbernya,” kata Genius Umar saat webinar nasional bertajuk gerakan nasional literasi digital 2021.

Wali Kota Pariaman Genius Umar, mengatakan kedaulatan dan keman­dirian digital bangsa Indonesia menjadi salah satu fokus arahan Bapak Presi­den Joko Widodo yang me­ngajak seluruh elemen bangsa memanfaatkan ko­nek­tivitas digital agar da­pat menghubungkan Indonesia dengan pola pikir, kesempatan bisnis global, dan masa depan baru.

“Literasi digital sering kita anggap sebagai keca­kapan menggunakan inter­net dan media digital. Le­bih dari itu, literasi adalah ke­ca­ka­pan pengguna media digital dalam melaku­kan proses mediasi media digital yang dilakukan se­cara produktif  Seorang peng­guna yang memiliki kecaka­pan literasi digital yang bagus tidak hanya mampu mengoperasikan alat, me­lain­kan juga mam­pu berme­dia digital dengan penuh tang­gung jawab,” jelas Genius.

Genius menerangkan juga, peran dari media digital sangat berkontribusi bagi pembangunan dan kemajuan daerah dari ber­bagai aspek dan bidang.

Semisalnya saja, bebe­rapa event kepariwisataan yang kita gelar dan adakan di Kota Pariaman sebelum pandemi covid-19, contoh­nya pesta budaya Tabuik Piaman yang dihadiri ku­rang lebih 100 ribu orang pengunjung yang mema­dati kawasan wisata pantai gandoriah, dengan peran-peran pengguna digital mampu mempromosikan event tersebut secara na­sional dan internasional dengan cara meng-upload ke akun media sosial ma­sing-masing.

“Maka dengan dilaku­kannya pemanfaatan du­nia digital oleh kalangan pengguna medsos, sehing­ga dalam event berikutnya yang dilaksanakan mampu menjadi daya tarik untuk wisatawan lain untuk ber­kun­jung juga ke daerah ter­sebut. Dan terbukti de­ngan beberapa event yang telah terselenggara di Kota Paria­man,” sambung Genius.

Di samping itu, ungkap Genius lagi, aspek yang paling penting sebagai pertimbangan selaku orang tua adalah peng­gu­naan gadget oleh anak dengan mengontrol peng­gunaan gadget.

Karena bagi kelompok anak, salah satu yang da­pat dipertimbangkan ada­lah melengkapi penye­ba­ran literasi digital dengan visualisasi yang menarik. Diksi dalam literasi perlu didukung oleh bentuk krea­tivitas lain, seperti gambar, tipografi, dan juga warna.

Adanya visualisasi ter­sebut membantu untuk memahami pesan literasi yang disampaikan. Selain itu, penggunaan perangkat digital oleh anak juga perlu didampingi oleh keluarga. Pendampingan ini tentu dengan mengajak anak berkomunikasi dengan baik sehingga mereka dapat belajar bertanggung jawab dan berpendapat.

Webinar tersebut ter­se­lenggara dengan pendaf­taran gratis, yang sudah dibuka secara nasional sudah dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan nantinya para peserta akan men­dapatkan E-sertifikat dari Kementerian Kominfo Ha­diah Voucher menarik un­tuk 10 peserta.

Adapun narasumber lainnya dalam webinar ter­sebut yakni Inna Dinovita (CEO Saesha Cantika Indonesia), Siti Chotijah (Ketua Umum Generasi Pesona Indonesia), dan dr. Lucya­nel Arlym (Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Pariaman – Ketua PKK Kota Pariaman). (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional