Close

Wako Padang: Pimpinan harus Lebih Peka, Dengarkan Bawahannya

Wako Padang Hendri Septa

A.YANI, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa mengimbau kepada pimpinan di masing-masing instansi di lingkup kerjanya untuk lebih peka. Mem­biasakan mendengar kata-kata ba­wahan.

“Saya harap kepada seluruh pimpinan untuk membiasakan men­dengar kata-kata bawahannya, ka­rena sebagai pimpinan kita seyogia­nya mendengar,” ujar Hendri Septa, kemarin.

Dikatakan Hendri Sep­ta, mendengar setiap kata bawahan akan dapat me­leng­kapi tujuan berja­lan­nya sebuah Organisasi Pe­rangkat Daerah (OPD). Karena menurut Hendri Septa, bawahan adalah orang yang melakukan pe­ker­jaan sehari-hari. Berha­dapan langsung dengan masyarakat yang tentunya banyak kendala dan hara­pan.

“Dengarkan apa yang menjadi harapan dari me­reka (bawahan). Sebagai pimpinan kita menjadi suri tauladan, biasakan mendengar. Karena jika tidak ada mereka, kita ini tidak akan ada juga,” sebut wali kota.

Sikap ego dalam me­mim­pin sebuah organisasi atau instansi, menurut Hendri Septa tentunya akan mengalami benturan ke depannya. Terjadi penolakan dari bawahan. Hingga akhirnya tidak terbangun harmonisasi dan berakibat kepada kelangsungan organisasi itu sen­diri.

“Pada intinya, dengarkan bawahan, ambil intisarinya. Mendengarkan kata-kata bawahan akan membuat mereka se­nang,­” sebut Hendri Septa.

Hendri Septa berpesan kepada seluruh kepala OPD di lingkup kerjanya untuk mencari waktu untuk berdiskusi santai dengan bawahan. Saling mengutarakan isi hati. Menanyakan langsung apa yang menjadi kendala selama ini, upaya langkah ke de­pan, dan apa yang dibutuhkan agar suasana kerja menjadi lebih rileks dan nyaman.

“Kalau kerja-kerja saja, tapi bawahan tidak nyaman, akan tidak baik terhadap performa, semoga ini bisa dijalankan oleh OPD,” pungkas wali kota. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top