Close

Wako Padang dan Pimpinan DPR Ikuti Sidang Tahunan MPR

Wali Kota Padang Hendri septa.

SAWAHAN, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa mengikuti Sidang Paripurna Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI secara virtual dari Gedung Bundar Sawahan DPRD Padang, Senin (16/8).

Usai Sidang Paripurna Tahunan MPR DPR RI, agenda pun dilanjutkan dengan mendengarkan Pidato  Kenegaraan Presiden ter­kait Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga Negara dan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemer­de­kaan RI.

Selain Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin, kegiatan tersebut juga diikuti baik secara langsung dan virtual oleh para mantan Presiden dan Wapres RI. Diantaranya Tri Sutrisno, Megawati Soe­karno Putri, Susilo Bam­bang Yudhoyono, Yusuf Kalla, Boediono. 

Selanjutnya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyal­la Mattalitti, Ketua Mah­kamah Agung Syarifuddin dan Ketua Mahkamah Kon­­stitusi Anwar Usman. Kemudian para Menteri Kabinet Indonesia Maju disertai Kapolri, Panglima TNI dan seluruh Anggota MPR-DPR-DPD RI hingga unsur penting lain­nya.

Rapat yang dipimpin Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti itu diawali pe­nyam­paian terkait tugas kon­sti­tusional tahunan MPR selama 2020-2021 oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. 

Selanjutnya dalam Pi­dato Kenegaraannya Presi­den Joko Widodo me­nyam­­paikan beberapa hal khususnya penekanan ter­hadap kebaikan dan ke­ma­juan Negara Indonesia se­cara keseluruhan ke de­pan. Sebagaimana hal itu seiring tema peringatan HUT RI ke-76 di tahun 2021 tang mengambil tema “Indonesia Maju, Indonesia Tumbuh”.

“Semoga momentum tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh ini men­jadi semboyan yang bisa kita raih dengan sikap ter­buka. Terutama bagai­mana bersama-sama da­lam upaya penanganan Covid-19,” ujarnya.

Ia menekankan bahwa pandemi telah memacu perubahan, yakni me­ning­galkan kebiasaan lama dan memaksa melakukan nor­malitas kehidupan yang baru.

“Untuk itu diharapkan kelembagaan pemerintah lintas sektoral melakukan konsolidasi tingkatkan sek­tor kesehatan. Reformasi struktural dalam rangka pembangunan ekonomi tetap menjadi agenda uta­ma. Begitu juga ekosistem investasi dan kolaborasi di bidang usaha untuk mem­per­kuat pengembangan eko­nomi berkelanjutan ha­rus terus dilakukan secara optimal,” tukas Jokowi.

Ia mengungkapkan apre­siasinya terkait ke­bera­daan sistem peradilan berbasis elektronik selama pandemi  telah membuat pelayanan publik secara cepat, transparan dan akun­tabel. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top