Menu

Wako Mainkan Alat Musik Rebana 

  Dibaca : 997 kali
Wako Mainkan Alat Musik Rebana 

PARIAMAN, METRO – Wali Kota Pariaman H Genius Umar, kemarin, memainkan alat musik pukul rebana. Rebana dimainkan orang nomor 1 diKota Pariaman ini saat berakhirnya lomba qasidah rebana yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kota Pariaman bersama Pemko Pariaman di panggung utama Pantai Gandoriah.

“Jujur saja ini baru pertama kali saya mainkan karena selama ini saya hanya memainkan alat musik modern saja dan alhamdulillah dengan belajar saat melihat ibu – ibu majelis taklim tampil tadi, saya beranikan diri mengiringi penyanyi qasidah pada sesi terakhir lomba, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar, kemarin.

Alat musik tradisional rebana merupakan instrumen pukul yang berbentuk seperti marawis. Alat musik rebana dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan, biasanya orang mengambil sikap duduk atau berdiri saat memainkan instrumen ini, kemudian memegangnya dengan menggunakan tangan kiri, kemudian memukulnya menggunakan tangan kanan.

“Butuh keahlian dan kekuatan saat memainkan rebana ini. Kenapa saya bilang begitu karena saat saya tadi mencoba memainkan rebana, saya merasakan pegal pada telapak tangan dan pergelangan tangan. Mungkin ini disebabkan karna tidak terbiasanya menggunakan rebana. Namun dengan liriknya yang bersifat mendidik dan ajakan kejalan Allah, saya menikmatinya hingga selesai satu lagu qasidah,” terangnya.

Pada sesi terakhir perlombaan, Walikota Pariaman Genius Umar didampingi kepala Kementerian Agama bersama beberapa orang ibu – ibu majelis taklim diminta untuk menjadi peserta ke-13 menampilkan kebolehan memainkan rebana. Tanpa ada keraguan meskipun belum pernah mencoba, akhirnya Walikota Pariaman memaiankan rebana dengan santainya.

Penampilan Walikota dalam bermain rebana disambut meriah oleh ibu – ibu majelis taklim dan penonton yang hadir. Meskipun jam sudah menunjukkan pukul 22.00 Wib, antusias mereka tetap terlihat saat menyaksikan Pak Gen (disapa akrab oleh ibu-ibu majelis taklim) memainkan rebana. Tidak hanya rebana, Bapak 4 anak ini juga mencoba memainkan giring – giring yang juga merupakan salah satu alat musik qasidah.

Panggung Utama Pantai gandoriah sesaat menjadi meriah dan ramai karna aksi peserta ke-13 lomba qasidah rebana tingkat Kota Pariaman. Dipenghujung Walikota Pariaman Genius Umar mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang tetap semangat mengikuti lomba  dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengabadikan lomba ini baik berfoto bersama ataupun selfi.(efa)

Editor:
KOMENTAR

1 Komentar

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional