Close

Wako Hendri Septa Sidak di Hari Pertama Kerja Pascalibur Lebaran, Kehadiran ASN Pemko Capai 97 Persen

SIDAK KEHADIRAN ASN— Wako Padang Hendri Septa melakukan pengecekan kehadiran ASN Pemko di beberapa OPD, Senin (9/5). Sebelum sidak, wako memimpin langsung apel gabungan gabungan yang diikuti para pimpinan dan ASN yang berkantor di Komplek Perkantoran Balai Kota Padang Aie Pacah.

AIA PACAH, METRO–Di hari pertama kerja pasca libur dan cuti Lebaran 1443 H/2022, Wali Kota Padang Hendri Septa, Senin (9/5) pagi, langsung melakukan inspeksi men­dadak (sidak) guna mencek kehadiran para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah kota yang ia pim­pin.

Sebelum memulai sidak Wako Hen­dri memimpin apel gabungan yang diikuti para pimpinan dan ASN yang berkantor di Komplek Perkantoran Balai Kota Padang Aie Pacah. Sidak pun dilakukan ke beberapa OPD di­anta­ranya Bappeda dan Dinas Kese­hatan.

Kantor Bappeda merupakan tujuan utama Wali Kota Padang dalam sidak tersebut. Saat memasuki kantor yang terbilang megah itu, Hendri Septa mengecek langsung daftar hadir ASN. Di ruang Sekre­ta­riat Bappeda, Hendri Sep­ta mengecek masing-masing pegawai sambil membacakan nama tiap pegawai.

Di Bappeda, Wali Kota mendapati kehadiran ASN mencapai 97 persen. Di mana, dua ASN di an­tara­nya mengalami sakit.

“Di Bappeda dua ASN tidak hadir karena sakit,” ungkap Hendri Septa di­dam­pingi Asisten I Edi Hasymi, Kepala BKPSDM Arfian, Kepala Inspektorat Syuhandra, Kepala Bappeda Yeni Yuliza, Kabag Umum Bobi Firman, dan kepala OPD lainnya.

Usai melihat kehadiran ASN di Kantor Bappeda, Wali Kota Hendri Septa mendatangi Kantor Dinas Kesehatan Kota Padang yang letaknya selemparan batu dari Kantor Bappeda. Di sini, Wali Kota bersama Kepala Dinas Kesehatan dr Srikurnia Yati memasuki beberapa ruangan.

“Dari pantauan di sini (Dinas Kesehatan), dari sebanyak 125 pegawai, beberapa di antaranya tidak hadir karena cuti bersalin dan cuti tahunan, namun begitu kami simpulkan semuanya hadir, karena tidak ada yang membolos,” ucap Hendri Septa.

Sementara itu, sejumlah Kepala OPD dan pejabat esselon III di lingkup Pemko Padang juga mendatangi sejumlah OPD. Mereka melihat langsung kehadiran ASN di hari pertama kerja usai libur lebaran. Di antaranya seperti Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tri Hadiyanto yang ditugaskan mengecek langsung kehadiran ASN di Dinas Kominfo Padang. Kemudian Kadis Kominfo Ru­dy Rinaldy yang mendatangi langsung Kantor Dinas Pariwisata, Kadis Sosial Ances Kurniawan yang melakukan inspeksi men­dadak di Dinas Pertanian, Kasatpol PP Mursalim di Bagian Umum Setda, dan lainnya.

Wali Kota mengatakan, pada hari pertama kerja pasca libur Lebaran absensi ASN di lingkup Pemko Padang khususnya yang berkantor di Komplek Perkantoran Balai Kota yaitu 97 persen. Sisanya dari laporan yang ia terima terdapat ada beberapa ASN yang izin karena sakit dan cuti melahirkan.

“Cuti Lebaran sampai tanggal 8 Mei. Senin, 9 Mei semua ASN wajib masuk kembali. Maka itu tidak ada toleransi jika terdapat temuan ASN menambah li­bur tanpa alasan yang jelas,” ujar Wako dalam arahannya.

Seperti diketahui, beberapa hari sebelumnya Wali Kota Hendri Septa melalui Kepala BKPSDM Arfian sudah mengingatkan para ASN di lingkungan Pemko Padang untuk masuk tepat waktu usai cuti Lebaran.

Hal itu berdasarkan di­ter­bitkannya Surat Edaran (SE) Nomor: 870.605/BKPSDM-PDG/2022 tentang Jadwal Sidak Masuk Kerja Tanggal 9 dan 10 Mei Tahun 2022 di Lingkungan Pemko Padang. SE ini mengacu PP No.94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS serta merujuk Keputusan Bersama 3 Men­­teri terkait.

“Pada besoknya Selasa, saya juga akan melakukan sidak. Alhamdulillah pada hari ini ASN kita me­nun­jukkan kedisiplinan yang bagus. Jadi ini yang kita inginkan, karena di samping terus meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap publik/mas­ya­rakat ASN itu harus disiplin,” imbuh Wako.

Pelepasan Paskibraka

Di kesempatan itu juga dilakukan pelepasan Paskibraka Kota Padang menuju seleksi tingkat provinsi.

“Kita berharap Paskibraka kita dapat melenggang hingga nasional. Me­reka adalah generasi muda pilihan yang telah ditempa sedemikian rupa. Semoga mereka dapat mengha­rum­kan nama Kota Pa­dang,” harap Wako.

Terkait pembinaan generasi muda, Wako Hendri Septa juga memaparkan tentang pembangunan Youth­ Center yang sedang berjalan, selaku tempat yang bakal dijadikan pusat kreatif dan inovasi pemuda di Kota Padang.

Proses pembangunan Youth Center yang berlokasi di eks Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang, Jalan Bagindo Aziz Chan itu, katanya, ditargetkan rampung pada Juli mendatang. Peresmiannya nanti direncanakan akan dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpa­rekraf) Sandiaga Uno.

“Pembangunan Youth Centre yang merupakan satu-satunya di Sumatera adalah bagian dari program unggulan Pemko Pa­dang yang tertuang dalam RPJMD dan merupakan satu dari 11 Program unggulan Wali Kota Padang. Jadi, Youth Centre ini kita siapkan untuk pusat krea­tivitas pemuda yang di dalamnya menyediakan 17 sub-sektor ekonomi kreatif, termasuk stand fashion produk UMKM unggulan Kota Padang. Insya Allah dengan adanya kehadirannya bisa menghasilkan pengusaha muda yang berkarakter,” harap Wako bersemangat.

“Apalagi di sana juga akan ada tempat belajar dan pembinaan para calon pengusaha muda. Sehingga ikut menyediakan ruang lapangan pekerjaan bagi wirausahawan-wirausahawan muda dan komunitas-komunitas kreatif, se­ka­ligus menjadi inkubator bisnis ekonomi kreatif di Kota Padang. Semoga seluruh ASN di Pemko Pa­dang mendukung kebera­daan Youth Center ini,” jelas Hendri Septa menambahkan.

Lebih jauh orang nomor satu di Kota Padang juga tak lupa mengharapkan dukungan seluruh ASN untuk menyukseskan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-15 dan Indonesia City Expo (ICE) ke-18 Tahun 2022 yang dituanrumahi Kota Padang.

“Rakernas APEKSI ke-15 tahun akan dilaksanakan pada 7-10 Agustus 2022 mendatang. Kegiatan ini merupakan kegiatan besar tahunan yang dihadiri seluruh peserta terdiri dari Wali Kota se-Indonesia. Banyak dampak positif bagi Kota Padang terutama bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang melalui event ini tentunya. Ekonomi ma­syarakat pun diharapkan ikut bergerak apalagi cukup lama lesu sejak pandemi Covid-19 melanda,” pungkas Wako. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top