Menu

Wako Bukittinggi Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD

  Dibaca : 150 kali
Wako Bukittinggi Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD
PENYAMPAIAN JAWABAN —Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menjawab pandangan umum Fraksi Tentang meyangkut empat Ranperda yang dihantarkan beberapa waktu lalu.

Wali Kota Bukittinggi menjawab pandangan umum fraksi atas empat Ranperda yang disam­paikan kemarin. Jawaban itu dibacakan dalam rapat paripurna di Gedung DP­RD Bukittinggi, Kamis (8/7). Wakil Ketua DPRD Bu­kittinggi, Nur Hasra selaku pimpinan sidang menje­laskan, rapat paripurna kali ini dilaksanakan de­ngan agenda jawaban wa­li­kota atas pemandangan umum fraksi atas empat Ranperda yang diusulkan. Empat Ranperda yang dimaksud, rancangan pe­raturan daerah tentang RPJMD Bukittinggi tahun 2021-2026, pengelolaan pasar rakyat, perubahan kedelapan Perda No.8/2010 tentang Penambahan Penyertaan Modal daerah untuk modal perseroan terbatas Bank Pemba­ngunan Daerah (BPD) Sum­bar serta Ranperda Pe­man­faatan dan Peng­gu­naan Bagian Jalan.

“Dalam situasi PPKM ini, rapat paripurna dilak­sanakan dengan menye­suaikan aturan yang ada. Sehingga undangan diba­tasi dan anggota DPRD yang hadir juga perwakilan dari masing masing frak­si,” ungkap Hasra.

Jawaban dari walikota ini, lanjut Hasra, akan menjadi bahan bagi ang­gota DPRD untuk melaku­kan pembahasan bersa­ma pemerintah daerah atas empat Ranperda ini.   Wali Kota Bukittinggi Er­man Safar dalam jawa­bannya menyampaikan, soal Ranperda RPJMD 2021-2026, walaupun masa jabatan walikota dan wakil walikota sampai dengan tahun 2024, namun RPJMD Bukittinggi akan tetap di­maksimalkan. Terkait de­ngan kesejahteraan ASN yang disampaikan, juga merupakan salah satu perhatian pemko.

“Ke depannya, gaji non PNS akan kita sesuaikan dengan kondisi perekono­mian nasional dan kemam­puan keuangan daerah. Karena sebenarnya Kota Bukittinggi termasuk da­erah yang telah menerap­kan gaji non PNS sesuai dengan UMR,” ungkap Erman.

Terkait dengan penca­paian visi dan misi harus melalui perencanaan stra­te­gis dengan kebijakan program yang efektif dan efisien. Pada prinsipnya Pembangunan Daerah a­kan terlaksana baik jika pondasi pembangunan dan swasta dapat berko­laborasi dengan baik.  “Pem­ko juga akan melaksa­na­kan koordinasi dan kola­borasi dengan daerah tetangga, untuk langkah-langkah yang akan dilaku­kan pemerintah Kota Bu­kittinggi dalam pemba­ngunan daerah, seperti meningkatkan kerjasama daerah yang intensif de­ngan Kabupaten Agam,” jelas Erman.

Untuk Ranperda pe­ngelolaan Pasar Rakyat, wako menjelaskan, Ran­perda ini disusun untuk menciptakan masyarakat yang tertib aman bersih sehat dan tertata dengan baik meningkatkan pela­yanan kepada masya­rakat menyediakan pasar yang lebih Responsif se­bagai salah satu sarana penggerak perekonomian daerah dan menciptakan pasar rakyat yang ber­daya saing dengan pusat perbelanjaan dan toko atau swalayan.

Terkait dengan penge­lolaan pasar pagi di Tem­bok , Pasar Pagi di Ban­tolaweh dan Pasar Pagi di Birugo, pemerintah akan memperhatikan kebe­ra­da­an pasar pasar dimak­sud. Namun, dalam perja­lanannya, kadang terken­dala antara lain karena pasar tempat penjualan dimaksud tanahnya meru­pakan milik masyarakat.

Terkait Ranperda pe­man­faatan dan peng­g­u­na­an bagian jalan, Wako menyampaikan, Ran­per­da ini bertujuan untuk keselamatan keamanan kenyamanan dan kelan­caran pengguna jalan ke­in­dahan lingkungan serta menjamin kondisi dan ke­amanan konstruksi jalan. jalan yang diatur dalam perda ini nantinya ha­nyalah jalan kota.

“Setelah diundangkan akan dilakukan sosialisasi secara bertahap kepada para pihak yang terkait dengan pemanfaatan dan penggunaan bagian jalan ini,” lanjut Erman.

Sedangkan, untuk ran­perda penyertaan modal terhadap BPD Sumbar, Wako menerangkan, pe­nyer­taan modal peme­rintah daerah kepada BPD Sumbar akan ber­dampak pada kesejah­teraan ma­syarakat. Di mana, pe­nyer­taan modal peme­rintah dapat digu­nakan untuk dipinjaman lunak kepada pedagang peda­gang kecil untuk me­nam­bah modal usaha guna meningkatkan per­tum­­buhan ekonomi da­lam rangka mewujudkan kese­jahteraan keluar­ga.(pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional