Menu

Wako Bukittinggi Antarkan 4 Ranperda Melalui Paripurna

  Dibaca : 152 kali
Wako Bukittinggi Antarkan 4 Ranperda Melalui Paripurna
SERAHKAN RANPERDA— Wako Bukittinggi Erman Safar menyerahkan 4 Ranperda kepada pimpinan DPRD Bukittinggi melalui rapat paripurna.

Wali Kota Bukittinggi hantarkan empat Ran­perda kepada DPRD Bu­kittinggi. Keempat Ranper­da itu dihantarkan secara resmi melalui rapat pari­purna di DPRD Bukittinggi, Selasa (6/7). Ketua DPRD Bukittinggi, Herman So­f­yan menjelaskan, rapat paripurna kali ini, tentang hantaran terkait ran­ca­ngan peraturan daerah tentang RPJMD Kota Bu­kittinggi tahun 2021-2026, pengelolaan pasar rakyat, perubahan kedelapan Per­da No.8/2010 tentang Pe­nam­bahan Penyertaan Modal daerah modal per­seroan terbatas Bank Pem­bangunan Daerah Sumbar serta Ranperda peman­faatan dan penggunaan bagian jalan.

“Setelah dihantarkan, tentunya masing masing fraksi di DPRD akan mem­berikan pemandangan u­mum, yang akan disam­paikan dalam paripurna selanjutnya,” jelas Her­man.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mema­par­kan, Pemko telah mela­kukan penyusunan RPJ­MD 2021-2026, dengan tahapan, persiapan pe­nyu­sunan, penyusunan rancangan awal, penyu­sunan rancangan, pe­lak­sanaan Musrenbang, pe­ru­musan rancangan akhir dan penetapan. Pada ta­ha­pan penyusunan, telah dihasilkan dua dokumen, rancangan teknokratik RPJMD dan Kajian Ling­kungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD.

“Visi yang dituangkan dalam RPJMD 2021-2026, menciptakan Bukittinggi hebat berlandaskan Adat Basandi Syara’ Syara’ Ba­sandi Kitabullah (ABS-SBK). Pencapain visi dirumus­kan dalam 7 misi. Hebat dalam sektor peningkatan ekonomi kerakyatan, he­bat dalam sektor pen­didikan, hebat dalam sek­tor kesehatan dan lingku­ngan, hebat dalam sektor kepariwisataan, seni bu­daya dan olahraga, hebat dalam tata kelola pe­me­rintahan, hebat dalam sektor sosial kemasya­rakatan dan hebat dalam sektor bidang pertanian,” jelas Erman.

Dari tujuh misi pem­bangunan daerah itu, di­ter­jemahkan dalam 11 tujuan dan 25 sasaran. Guna mengukur penca­paian sasaran, dilakukan melalui pengukuran 35 indikator sasaran yang sekaligus ditetapkan men­jadi indikator kinerja uta­ma Kota Bukittinggi tahun 2021-2026.

Untuk Ranperda pe­ngelolaan pasar rakyat, wako menjelaskan, kebe­radaan pasar rakyat di Bukittinggi harus men­dapat perhatian dan per­lindungan dari pemda, agar dapat bersaing de­ngan cara meningkatkan kualitas pelayanan.

“Secara umum pera­turan daerah ini memuat materi pokok pendirian pasar rakyat, perizinan pasar rakyat, peman­faa­tan pasar rakyat, pem­berdayaan, pembinaan dan pengawasan,” ujar Erman.

Terkait Ranperda ten­tang Pemanfaatan dan Penggunaan Bagian Jalan, Wako menyampaikan, Ran­perda ini merupakan peru­bahan dari Perda No.4 /1997 tentang Perbaikan Terhadap penggalian jalan umum dalam kota. Karena terdapat lebih dari 50 per­sen  terdapat perubahan pasal dan merujuk pada ketentuan UU No 12 /2011, maka peraturan perun­dang-undangan yang di­rubah itu, lebih baik dica­but dan disusun kembali dalam peraturan perun­dang-un­dangan yang ba­ru.

Sedangkan, untuk Ran­­perda perubahan kede­lapan Perda No.8/2010 tentang penambahan pe­nyertaan modal daerah modal perseroan terba­tas Bank Pembangunan Dae­rah Sumbar, wako me­nyam­paikan, sejak a­wal 2008, penghasilan di­viden saham BPD se­besar Rp 46 miliar lebih. Ber­dasarkan analisis CAR, BPD Sumbar masih butuh tambahan penyertaan modal dari pemegang saham.

“Bila kita lihat dari proporsi kepemilikan mo­dal pemerintah Kota Bu­kittinggi pada tahun 2019 berjumlah 10,33 per­sen. Jika proporsi ini dijadi­kan dasar penambahan pe­nyer­taan modal, maka penambahan penyertaan modal Pemko Bukittinggi kepada PT. Bank Pem­bangunan Daerah Sum­barsebesar Rp 28, 8 mi­liar,” jelas Erman.

Saat ini nominal pe­nyertaan modal Pemko Bukittinggi pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sum­­bar, sebesar Rp 37.524.000.­000. Dengan adanya ren­­ca­na penambahan pe­nyer­taan modal, maka secara keseluruhan nan­tinya penyertaan modal Pem­ko Bukittinggi se­be­sar Rp 66.384.000.000. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional