Menu

Wakil Ketua DPRD Sumbar Tinjau Gudang Logistik Pilkada, Indra Dt Rajo Lelo Ingatkan Kesiapan Prokes di TPS

  Dibaca : 75 kali
Wakil Ketua DPRD Sumbar Tinjau Gudang Logistik Pilkada, Indra Dt Rajo Lelo Ingatkan Kesiapan Prokes di TPS
Wakil Ketua DPRD Sumbar Indra Dt Rajo Lelo melakukan pemantauan kesiapan Pilkada di Kabupaten Padangpariaman dengan meninjau gudang logistik KPU Padangpariaman, Senin (7/12).

PDG.PARIAMAN, METRO
Pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar Rabu (9/12) secara serentak menjadi perhatian wakil rakyat di DPRD Sumbar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan pemantauan kegiatan.

Wakil Ketua DPRD Sumbar Indra Dt Rajo Lelo, Senin (7/12), melakukan pemantauan kesiapan Pilkada di Kabupaten Padangpariaman dengan meninjau gudang logistik KPU Padangpariaman, serta berdiskusi dengan forkopimda Padangpariaman.

Dalam pertemuan tersebut Indra memastikan bagaiamana kesiapan pelaksanaan Pilkada. Terungkap, salah satu poin yang menjadi perhatian adalah partisipasi pemilih. Pasalnya pelaksanaan pilkada dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.

Disampaikannya pihak-pihak terkait terus melakukan sosialisasi agar masyarakat tak perlu cemas.

Pasalnya penyelenggara Pilkada terutama di TPS menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan disipilin. Seperti menggunakan masker, sarung tangan, menyediakan fasilitas mencuci tangan dan lainnya.

“Pelaksanaan Pilkada memang berbeda pada pemilihan sebelumnya, dimana pelakasanaan pilkada tahun 2020, dilaksanakan pada kondisi pandemi Covid-19, yang sampai saat ini perkembangannya masih sangat mengkhawatirkan. Kita mengharapkan dalam pelaksanaan Pilkada ini, tidak menimbulkan cluster baru penyebaran Covid-19,” kata Indra.

Lebih lanjut, dia menyampaikan KPU telah menerbitkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Tahun 2020 dalam masa Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Oleh karena itu, dalam rangka kesiapan penyelenggaraan pihaknya didampingi Kesbangpol Sumbar mengadakan kunjungan ke Kabupaten Padangpariaman. Diperlukan pemahaman seluruh elemen masyarakat tentang pentingnya pelaksanaan pilkada ini.

Sehingga betul-betul mendapat dukungan masyarakat. Berdasarkan hasil evaluasi secara nasional penyelenggaraan pemilihan umum, memang ditemukan berbagai ekses sebagai wujud ketidakpuasan terhadap hasil pilkada. Seperti konflik horizontal maupun konflik vertikal, partisipasi masyarakat yang cenderung menurun dalam menggunakan hak pilihnya dan sebagainya.

“Untuk itu kedepan, kiranya kepada semua elemen baik penyelenggara pemilu, pemerintah daerah, pihak keamanan dan seluruh komponen masyarakat. Untuk bersama-sama diminimalisir berbagai potensi permasalahan dalam penyelenggaraan pemilu tersebut,” katanya.

Indra menyampaikan kesempatan itu mengharapkan informasi baik dari pemerintah daerah, penyelenggara pemilu serta pihak keamanan. Dia menyebutkan fokus pemantauan seperti kesiapan penyelenggara, kualitas Daftar Pemilih Tetap (DPT), pelaksanaan kampanye dan hari tenang, netralitas ASN, kesiapan logistik, kondisi geografis dan cuaca serta partisipasi pemilih.

Sementara itu, Sekkab Padangpariaman, Jonpriadi menyampaikan untuk menjawab kekhawatiran penyebaran Covid-19 ini, pihaknya terus dan gencar melakukan sosialisasi. Upaya ini agar meyakinkan masyarakat kalau pelaksanaan pemungutan suara jika menerapkan prokes dengan disiplin, tetap akan aman.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Baik dari segi keamanan dan ketertiban. “Semoga pelaksanaan Pilkada nanti aman dan lancar,” katanya.

Komisioner KPU Padangpariaman Dewi Aurora yang mendampingi selama kegiatan pemantauan menjelaskan kalau distribusi logistik PIlkada sudah dilaksanakan. Pengantaran logistik ke pihak kecamatan juga dikawal dengan ketat oleh petugas keamanan. Dia menyebutkan sosialisasi juga sudah gencar dilakukan pihaknya. (hsb)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional