Menu

Wajah Ibu Kota Berbenah dengan Nuansa Religius

  Dibaca : 467 kali
Wajah Ibu Kota Berbenah dengan Nuansa Religius
NUANSA RELIGIUS— Ibu kota Kabupaten Sijunjung berbenah dengan tambahan nuansa religius dengan dipasangnya plang asmaul husna di sepanjang jalan.

SIJUNJUNG, METRO
Wajah ibu kota Kabupaten Sijunjung terus dipoles dengan nuansa religius. Kali ini melalui pemasangan plang Asmaul Husna yang dijejer di sepanjang jalan M.Yamin, Muaro Sijunjung. Hadirnya tulisan nama-nama Sang Pencipta itu memberikan nuansa baru yang religius bagi daerah pertemuan, Muaro Sijunjung. Selain memberi kesan, salah satu tujuan dipasang plang Asmaul Husna secara permanen itu, agar anak-anak dan masyarakat bisa membaca dan mengetahui sebanyak 99 nama Alllah SWT beserta artinya.

Kegiatan yang dicetuskan Dinas Perumahan, Kawasan, Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung itu masih dalam rangka untuk memperindah pusat pemerintahan kabupaten. “Sebelumnya kita fokus pada pengelolaan dan pembenahan taman yang ada di pusat kabupaten khususnya. Termasuk menambah fasilitas dan lebih memperhatikan kebersihan dan kerapiannya. Sekarang pemasangan plang Asmaul Husna disepanjang jalan M.Yamin, agar Muaro Sijunjung memberikan kesan yang agamais dan religius,” tutur Kadis Riki Maineldi Neri dan Sekretaris Dinas, Dainis.

Menurutnya, sudah sewajarnya Muaro Sijunjung bernuansa religius. Bahkan wisata religi itu sudah ada sejak dulu di Nagari Muaro yaitu, makam Syech Abdul Wahab yang terletak di Calau, Muaro Sijunjung.  Setiap tahunnya pada momen tertentu, ratusan hingga ribuan orang berdatangan untuk berziarah ke makam tersebut. Syech Abdul Wahab merupakan salah seorang tokoh yang menyiarkan agama Islam dahulunya, termasuk di Kabupaten Sijunjung khususnya.

Para peziarah yang datang kebanyakan dari luar daerah seperti dari Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Pasaman dan sejumlah daerah lainnya di Sumbar maupun dari luar Provinsi Sumbar. “Jadi nilai itu sudah ada sejak dulunya, bahkan sudah diakui. Sekarang bagaimana kita untuk menjaganya dan mempertahankan nilai tersebut. Termasuk mewariskan kepada generasi yang akan datang,” terangnya Riki.

Disamping itu, salah satu visi misi daerah adalah menjadikan Sijunjung yang madani. “Kita berharap pembangunan yang menunjang lainnya untuk memperindah ibukota kabupaten bisa dilakukan lebih baik lagi kedepan. Selain itu peran dan partisipasi masyarakat juga dibutuhkan untuk sama-sama menjaga fasilitas yang sudah ada,” tambahnya. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional