Close

Wagub Tanah Datar Buka MTQ Nasional ke 41 Tingkat Kabupaten

PUKUL—Wagub Sumbar Audy Joinaldy saat memukul bedug dimulainya MTQ.

TANAHDATAR, METRO–Diawali dengan pawai ta’aruf yang dilepas langsung oleh Wakil Bupati Richi Aprian selaku ketua LPTQ kabupaten Tanah Datar, serta dimeriahkan dengan penampilan tari kolosal yang dibawakan oleh pemuda pemudi dari kecamatan Tanjung Emas, MTQ Nasional ke 41 Ting­kat Kabupataen Tanah Datar, Senin (20/6) dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy di Lapangan Bola Kaki Nagari Saruaso.

Tampak hadir pada a­cara tersebut anggota DP­RD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi, Forkopimda Tanah Datar, Kabid Penais Zawa pada Kanwil Kemenag Sumbar, Bupati Tanah Datar periode 2005-2015 Shadiq Pasadigoe, Wakil Bupati sekaligus Bupati Tanah Datar periode 2016-2021 Zuldafri Darma, Sekda Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, Asisten, Kepala OPD, Camat Tanjung Emas Zulkifli Idris selaku tuan rumah, Camat se Ta­nah Datar, Wali Nagari se Tanah Datar, Ketua KAN, BPRN, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy dalam sambutannya me­ngatakan bahwa, ajang MTQ ini bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam dengan Al Quran, namun secara pribadi banyak yang menjadikan MTQ sebagai ajang motivasi, me­ningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al Quran.

“Sudah saatnya umat Islam mau dan bisa memetik makna dari pelaksa­naan MTQ yang ke 41 ini, oleh karena itu kami me­nyambut baik dan me­nga­presiasi pelaksanaan MTQ kali ini untuk dijadikan sebagai momentum kebangkitan umat, serta untuk menjadikan umat Islam di Tanah Datar sebagai ma­syarakat yang qurani gu­na mewujudkan kabupaten Tanah Datar sebagai mo­del negeri maju dan makmur di Indonesia,” ujar Wagub.

Lebih jauh disampaikan Wagub, bahwa MTQ Nasional ke 41 tingkat kabupaten Tanah Datar ini juga bisa dijadikan sebagai a­jang seleksi pada MTQ nasional yang akan dilaksa­nakan di provinsi Kalimantan Selatan.

“Semoga dari sini akan lahir para qori dan qoriah terbaik yang akan mewa­kili provinsi Sumatera Ba­rat, tentunya ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kabupaten Tanah Datar. Untuk itu mari kita berkompetisi dengan baik, berkompetisi dengan sehat, jadikan ini pemacu dan motivasi untuk menjadi lebih baik dan selalu berbuat yang terbaik untuk kabupaten Tanah Datar,” pesan Wagub.

Pada kesempatan itu, Wagub Audy juga me­nyam­paikan apresiasi atas keberhasilan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar yang telah berhasil membuat berbagai inovasi dibeberapa bidang untuk kemajuan pembangunan di ka­bupaten Tanah Datar.

“Yang perlu kita catat sampai saat ini kabupaten Tanah Datar mampu tampil sebagai produsen beras terbesar di Sumatera Ba­rat, ini tentunya merupakan sebuah prestasi dan sekaligus sebagai tantangan kepada Bupati dan Wabup untuk terus mempertahankan dan meningkatkan  da­lam berbagai hal, terutama bidang pertanian, pariwisata serta keagamaan,” ujar­nya.

Diakhir sambutannya, Wagub Audy juga mengharapkan ajang musaba­qoh ini bisa dijadikan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan pe­ngetahuan, pemahaman dan pengamalan isi kan­dungan al quran, bukan didasari dari niat lain seperti ingin menjadi peserta terbaik tetapi benar-benar didasari dengan motivasi untuk menjadikan ma­sya­rakat yang qurani.. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top