Close

Wagub Tanah Datar Berikan “Salam Kebahagian” pada Pasangan Menmpelai

SERAHKAN—Wabup Richi Apriana serahkan Salam Kebahagiaan (Setelah Akad Langsung Menerima KTP El, Buku Nikah dan Kartu Keluarga Insya Allah Amanah).

TANAHDATAR, METRO–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanah Datar kembali berinovasi dalam percepatan pemutakhiran data kependudukan yang diberi nama  Salam Kebahagiaan (Setelah Akad Lang­sung Menerima KTP El, Buku Nikah dan Kartu Keluarga Insya Allah A­manah) yang ditandai secara langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, didampingi isteri Ny. Patty Richi Aprian kepada pasangan pengantin an. Arbi Yonata dan Merry Helfitri pada Kamis (8 /9).

Kabid Pemanfaatan Da­ta dan Inovasi Pelayanan Kartoni sampaikan inovasi Salam Kebahagiaan ini merupakan kerjasama an­tara Dinas Dukcapil Tanah Datar dengan Kementerian Agama dan Jajaran KUA Se Kabupaten Tanah Datar. Inovasi ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum terhadap status pernikahan pasangan pengantin dari status belum kawin menjadi kawin tercatat.

Lebih lanjut Kartoni katakan, dengan inovasi ini percepatan pemutakhiran data kependudukan untuk mewujudkan database ke­pendudukan yang akurat dan mutakhir dapat tercapai. Sehingga dapat membantu pemerintah dalam perencanaan pembangu­nan yang tepat sasaran dengan melaporkan ke nomor 08116604101.

Sementara itu, Wabup Richi Aprian sampaikan semoga inovasi ini senantiasa diketahui masyarakat untuk secara aktif melaporkan perkawinannya kepada Dinas Dukcapil Tanah Datar dan segera mengganti KK dan KTP-el jika sudah menikah dan/atau mengalami perubahan sta­tus, pekerjaan dan ting­kat pendidikan.

Wabup juga harapkan kepada Kemenag dan seluruh jajaran KUA Se Kabupa­ten Tanah Datar segera memberitahukan kepada petugas Dukcapil jika ada pernikahan penduduk se­hingga sesaat ketika yang bersangkutan telah melangsungkan pernikahan, KTP dan KK pasangan mem­pelai dapat diserahkan kepada pengantin baru tersebut.

“Semoga inovasi ini ber­jalan lancar dan bisa dike­tahui oleh masyarakat guna memberikan kepastian hukum terhadap status pernikahan pasangan pengantin dari status belum kawin menjadi kawin tercatat di database kependudukan,” sampai Wabup Richi.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top