Menu

Wagub Sumbar Tinjau Pemberlakukan PPKM di BIM, Penumpang Datang Wajib Bawa Surat PCR Swab

  Dibaca : 58 kali
Wagub Sumbar Tinjau Pemberlakukan PPKM di BIM, Penumpang Datang Wajib Bawa Surat PCR Swab
PENERAPAN PPKM— Wagub Audy Joinaldy saat melihat penerapan PPKM di BIM, Minggu (11/7).

PDG.PARIAMAN, METRO–Wakil Gubernur Su­ma­tera Barat (Wagub Sum­bar), Audy Joinaldy menilai penerapan aturan sesuai kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Ma­syarakat (PPKM) di Ban­dara Internasional Minang­kabau (BIM) sudah berjalan dengan baik.

Hal ini dibuktikan de­ngan penumpang yang datang harus membawa surat bukti PCR Swab yang berlaku 2 x 24 jam.

“Hari ini hanya ada 14 penerbangan datang dan pergi di BIM. Untuk keda­tangan hanya dari dua daerah, yaitu dari Jakarta dan Batam,” kata Audy saat meninjau penerapan aturan terkait PPKM di BIM, Minggu (11/7).

Untuk penumpang yang datang dari Jakarta se­muanya wajib memiliki bukti PCR swab 2×24 jam. Petugas di bandara sudah memastikan hal tersebut berjalan dengan baik.

Sementara untuk pe­numpang yang datang dari Batam pada hari Senin (12/7) juga akan diwajibkan memiliki bukti PCR 2 x 24 jam. Hal itu diterapkan karena Batam juga meru­pakan salah satu daerah yang masuk kebijakan PP­KM Darurat.

Sementara untuk ma­sya­rakat yang ingin keluar menggunakan pesawat u­dara, Audy menilai keda­tangan dan keberangkatan di bandara sudah terdata dengan baik. Sehingga pengawasan penerapan aturan juga relatif lebih mudah.

Menurutnya, dengan adanya surat bukti PCR swab tersebut, tidak dibu­tuhkan lagi posko tes PCR swab di BIM. Karena hanya akan menjadi pemborosan.

“Dulu kan yang datang itu hanya pakai surat kete­rangan rapid anti body atau antigen. Sehingga perlu posko tes PCR swab di ban­dara. Sekarang sudah pakai surat bukti PCR jadi tidak dibutuhkan lagi,” ka­ta­nya.

Selain di BIM, Audy juga akan meninjau pe­nerapan aturan PPKM pa­da beberapa fasilitas yang dinilai berpotensi ter­jadi­nya kerumunan di Padang.

Saat peninjauan, Audy didampingi Kepala Dinas Kominfo Statistik Sumbar selaku Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanga­nan Covid-19, Jasman Ri­zal, Kepala BPBD Provinsi Sumbar, Erman Rahman, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Arry Yus­wandi, Kepala Satpol PP Provinsi Sumbar, Dedy Diantolany dan Kepala Otoritas Bandara (Otband) Wilayah VI Padang, Agoes Soebagio.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional