Close

Wagub Sumbar Launching Gebyar Vaksinasi di SMAN 6 Padang

TINJAU VAKSINASI— Kepala SMAN 6 Padang, Risdaneti, S.Pd, MM, meninjau siswi yang sedang vaksinasi pada kegiatan Gebyar Vaksinasi Covid-19 yang dilounching oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.

PADANG, METRO–Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melounching Gebyar Vaksinasi Covid-19 se-Sumbar, Selasa (14/9) di SMAN 6 Padang. Launching bertajuk “Sumbar Sehat – Indonesia Hebat, Vaksin Covid-19 Aman, Halal dan Berkualitas”, dilakukan Gubernur Sumbar dan Wakil Gubernur (Wagub), dengan sasaran vaksinasi siswa SMA/SMK dan SLB.

Vaksinator Covid-19 adalah dari Puskesmas Rawang, RST Reksodiwiryo Padang, Klinik Kesehatan Lantamal II Padang dan Puskesmas Andalas

Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, program Gebyar Vaksinasi Covid-19 untuk pelajar diikuti oleh pelajar SMAN 6 Padang dan diikuti secara virtual seluruh kabupaten/kota.

“Gebyar vaksin pelajar untuk mempercepat ca­paian vaksinasi remaja yang masih rendah di Sum­bar. Sekaligus agar pem­belajaran tatap muka bisa dilakukan. Karena itu, perlu upaya dan dorongan dari Pemprov Sumbar dan pe­me­rintah kabupaten kota untuk mempercepat ca­paian vaksinasi remaja,” ujar Wagub.

Audy menambahkan, jumlah dosis vaksi yang ada di Sumbar saat ini masih mencukupi untuk memenuhui kebutuhan vak­sinasi. “Kalau stok di kabupaten Kota kurang silahkan hubungi Dinas Kesehatan Provinsi Su­matera Barat,” imbaunya.

“Kami imbau siswa yang telah divaksin untuk menga­jak teman  temanya agar segera ikut. Sehingga bisa mempercepat upaya pelak­sanaan pembe­laja­ran tatap muka di Sumbar dan kepada orang tua juga bisa mengi­kuti vaksinasi,” ajaknya.

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumbar, Mukhlis Yusuf Abit memberikan apreasiasi kepada Pem­prov Sumbar yang telah menggelar gebyar vaksi­nasi Covid-19 untuk pelajar.

Vaksinasi adalah upa­ya paling logis untuk me­ngendalikan pandemi Co­vid -19. Sehingga harus didukung secara bersama sama oleh berbagai pihak.

“DPRD Provinsi Sum­bar mendukung penuh pro­­­­gram ini dan kami ha­rap­kan pencapaian vak­sinasi bisa naik signifikan. Bagi peserta yang telah di­vaksinasi tetap me­nerap­kan protokol kesehatan, sehingga kita bisa men­cegah penularan virus ini,” ajaknya.

Kepala SMAN 6 Pa­dang, Risdaneti menga­ta­kan, siswa di SMAN 6 Pa­dang berjumlah 891 siswa. Dari jumlah tersebut yang telah melakukan vaksinasi mandiri ada lebih kurang 220 siswa dan yang tertun­da kurang lebih 120 siswa.

“Selebihnya kita jad­walkan pada Gebyar Vak­sinasi. Target bisa divaksin bisa dilaksanakan seba­nyak 450 siswa,” ungkap­nya.

Selain vaksinasi untuk pelajaran, pihaknya mem­buka peluang juga kepada orang tua yang belum ikut vaksin agar juga bisa ikut vaksin. “Kita berharap se­mua anak divaksin kecuali yang memang bermasalah secara medis. Kalau kita semua sudah vaksin kita nyaman. Baik tenaga pen­didikan dan siswa. Nanti kita evaluasi kembali, bagi siswa yang belum vaksi­nasi bisa melakukan vak­sinasi di Puskesmas Ra­wang atau kita datangkan vaksinator ke sekolah,” katanya.

Risdaneti juga meng­imbau warga sekolah khu­sus­nya, orang tua dan ma­syarakat agar bersama -sama  menyemarakkan, atau ikut berpartisipasi dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah ke­luarga dari Covid -19 ini.

“Untuk pembelajaran tatap muka, tentu kami sebagai warga sekolah sebenarnya berkeinginan untuk pembelajaran tatap muka. Bagi kami dari ilmu yang didapatkan sekarang sangat minim sekali karena tidak bisa kontrol lang­sung,” ungkapnya.

“Kita belajar dengan HP mungkin gurunya ber­interaksi. Tetapi kita siswa apakah ikut atau tidak in­teraksi. Itukan tidak semua bisa lewat aplikasi zoom. Kalau zoom bisa langsung tatap muka se­men­tara zoom butuh biaya paket data, karena kita tahu orang tua tidak semua mam­pu beli paket data tam­ba­han,” ungkapnya.

Risdaneti berharap me­lalui Gebyar Vaksinasi ini semoga wabah Covid-19 ini berakhir. “Semoga kita bisa belajar tatap mu­ka. Kita minta dukungan juga dari orang tua dan komite untuk menyuk­ses­kan vaksinasi ini,” ujarnya. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top