Menu

Wagub Ingin Pencapaian Target Meningkat Setiap Minggu, Vaksinasi Covid-19 di Sumbar Baru 24 Persen

  Dibaca : 72 kali
Wagub Ingin Pencapaian Target Meningkat Setiap Minggu, Vaksinasi Covid-19 di Sumbar Baru 24 Persen
HADIRI RAPAT— Wagub Sumbar Audy Joinaldy menghadiri Rapat Penanggulangan Covid-19, Kamis (24/6) di Istana gubernur.

PADANG, METRO–Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menargetkan pe­ning­katan capaian vaksi­nasi sebagai salah satu langkah penanggulangan Covid-19. “Kita sudah ada kemajuan dalam capaian vaksin ini. Awalnya pe­ringkat paling bawah. Seka­rang sudah naik ke pering­kat 32 secara nasional. Da­lam beberapa minggu ke depan kita targetkan bisa masuk peringkat 25 dan terus meningkat,” kata Wa­kil Gubernur (Wagub) Sum­bar, Audy Joinaldy usai menghadiri rapat Pe­nang­gulangan Covid-19, Kamis (24/6) di Istana Gu­bernur.

Menurutnya, capaian vaksinasi di Sumbar sudah pada angka 24 persen se­cara umum. Namun harus diakui bahwa capaian vak­sinasi bagi lansia masih rendah. “Kita lakukan se­gala upaya untuk mening­katkan capaian vaksinasi karena ini adalah salah satu upaya paling konkret untuk mengantisipasi Co­vid-19,” katanya.

Terkait Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di RS rujukan Covid-19, ia mengatakan di Sumbar secara umum masih cukup aman sekitar 52,6 persen.

Ia menjelaskan, ke de­pan Pemprov Sumbar juga akan mengikuti arahan dari pusat dalam hal kebijakan penanganan Covid-19 ter­se­but. Di antaranya me­laksanakan PPKM mikro. Kalau perlu kebijakan pe­me­rintah pusat itu ditin­daklanjuti dengan Surat Edaran Gubernur akan le­bih efektif.

Sementara itu untuk isolasi terpusat, Audy me­nga­rahkan agar bisa di­bentuk di tingkat nagari sesuai PPKM mikro. Hal itu bisa diwujudkan karena ada alokasi delapan per­sen dari dana desa yang bisa dimanfaatkan untuk penanganan Covid-19.

Rapat ini juga dihadiri oleh Tim Pembahas Majelis Pertimbangan Kelitbangan Sumbar Sub Bidang Kese­hatan, Pof. Dr Musliar Ka­sim, Koordinator Tenaga Ahli Pakar Praktisi, Prof. Dr, dr Rizanda Machmud, M.­Kes, Sub Koordinator Bi­dang Kesehatan, Dr. Sudar­man, MA, Wakil Koor­dina­tor, Muhammad Irfan, SE, M.Si, Sekretaris serta di­hadiri oleh beberapa dinas terkait lainnya.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional