Menu

Wagub Canangkan BBDW dan BBGRM XVIII -2021, Upaya Mewujudkan Ketahanan Keluarga

  Dibaca : 319 kali
Wagub Canangkan BBDW dan BBGRM XVIII -2021, Upaya Mewujudkan Ketahanan Keluarga
PUKUL GONG— Wagub Sumbar Audi Joinaldy memukul gong mencanangkan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM Tahun 2021 di Kota Bukittinggi.

BUKITTINGGI, METRO
Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy membuka dengan resmi pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma (BBDW) dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVIII tahun 2021 tingkat Provinsi Sumbar. Dengan protokol kesehatan yang ketat, pembukaan pencanangan BBGRM tahun 2021 dilaksanakan di balairung rumah dinas Walikota Belakang Balok, Jumat (5/3).

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny Fiona Erman Safar mengatakan, Pencanangan BBGRM tahun 2021 tingkat Sumbar dilaksanakan di Kota Bukittinggi 5 Maret 2021 dengan tema “Melalui Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM kita perkuat semangat gotong royng dalam mengefektifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan pekarangan dengan Hatinya PKK di Dasa Wisma”.

Terima kasih kepada TP PKK Sumbar yang percayakan Bukittinggi jadi tuan rumah pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM tahun 2021. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Bukittinggi untuk lebih berupaya dalam bersama dengan pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat.

“Diitunjuknya Bukittinggi sebagai tuan rumah karena Kota Bukittinggi merupakan juara pada tahun 2020 lalu. Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM tahun 2021 ini, diikuti 200 peserta dari Kabupaten / Kota masing – masingnya berjumlah 8 orang yang terdiri dari unsur ketua, wakil ketua dan sekretaris TP PKK kabupaten dn kota , dari dinas terkait dan dari dasa wisma berprestasi tahun 2021,” ujar Fiona.

Fiona menambahkan, kelompok dasawisma merupakan kelompok terkecil di tengah masyarakat. Jika semua bergerak bersama, tentu 1055 dasawisama di Bukittinggi akan menjadi motor untuk menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat, termasuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 “Bersama TP PKK dan dasawisma, kami akan fokus untuk berbakti mengatasi masalah ekonomi masyarakat dan menciptakan dasawisma siaga dan daswisma sehat di tengah masyarakat,” ujar Fiona.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengatakan, kegiatan yang dilakoni ibu kepala daerah bersama TP PKK dan dasawisma, diharapkan dapat menyentuh level terendah dari masyarakat. Karena saat ini, semua berada dalam masa pandemi, dampak terhadap ekonomi sedikit banyaknya menyumbang masalah sosial.

”Untuk itu, kami berharap TP PKK dapat hadir di tengah masyarakat sehingga lahir ketahanan keluarga dan ketahanan masyarakat. Program PKK bisa jadi vaksin di tengah kehidupan yang sedang turun. Saat ini perekonomian di Bukittinggi menurun di seluruh aspek. Untuk itu, kami lakukan pendekatan melalui TP PKK dan menggandeng ulama dalam melaksanakan sekolah keluarga, untuk meningkatkan keimanan,” kata Erman.

Ketua TP PKK Sumbar Ny Harneli Mahyeldi mengatakan, dengan pencanangan bulan daswisma, diharapakan semua dasawisma di Sumbar dapat menjalankan program dengan baik dalam menciptakan ketahanan keluarga.

”Jangan hanya sekadar data, tapi program dasawisma dan 10 program pokok PKK dapat dijalankan dengan maksimal. Program harus menyentuh kepada masyarakat. Ketahanan keluarga sangat penting untuk meminimalisir masalah sosial. Dengan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM, kita harap gotong royong tidak hanya di masyarakat tapi juga dalam keluarga. Kita ingin majukan daerah kita semua. Untuk itu, program dasawisma harus sinergi antara provinsi dengan kabupaten kota, termasuk dengan program pemerintah,” kata Harneli.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, Bulan Bhakti Dasa Wisma (BBDW) dan BBGRM 2021, merupakan momen untuk pemerintah daerah se-Sumatra Barat, bersama memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dengan kebersamaan, tentu upaya penerapan protokol kesehatan harus terus disosialisasikan, termasuk vaksinasi.

”Kita tahu, Covid-19 masih melanda negeri kita. Dengan vaksin, pandemi kita harapkan cepat mereda. Mari bersama dukung program pemerintah, termasuk program vaksinasi covid-19 dan kepala daerah harus jadi contoh. Kami berharap, terus terapkan protokol kesehatan. Masih banyak kekurangan yang terjadi, tapi kita harus saling mengingatkan,” kata Audy.

Wagub berharap tema “BBDW dan BBGRM, kita perkuat semangat gotong royong dalam mengefektifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan pekarangan dengan Hatinya PKK di Dasa Wisma” dapat direalisasikan. Sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud, karena melalui dasawisma, sosialisasi untuk menciptakan ketahanan keluarga dapat dijalankan maksimal.

Pecanangan Bulan Bakti Dasawisma dan BBGRM ke XVIII tahun 2021 ini, juga dihadiri sejumlah Bupati, Wali Kota, Wakil Bupati dan Wakil Bupati se Sumbar. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional