Menu

Wagub Audy Joinaldy Kagum Masjid Tertua di Padang Berusia 216 Tahun

  Dibaca : 80 kali
Wagub Audy Joinaldy Kagum Masjid Tertua di Padang Berusia 216 Tahun
Serahkan Bantuan— Wagub Audy Joinaldy menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Raya Gantiang.

PADANG, METRO
Tim Safari Ramadhan (TSR) yang diketuai oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi masjid tertua di Padang yaitu Masjid Raya Gantiang, Seberang Padang, Rabu (21/4).

Pada kunjungan tersebut Audy Joinaldy didampingi oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri, Kadis Penanaman Modal dan PTSP Sumbar Maswar Dedi, Kabag Bina Mental dan Biro Humas Sumbar.

Dalam sambutannya Wagub Audy Joinaldy mengungkapkan, bahwa kunjungi ini merupakan kunjungan Ramadan kali sangat berkesan, dimana ia hadir di Masjid Raya Gantiang yang tertua di Padang yang berusia 216 tahun dengan mempertahankan struktur bangunannya.

“Alhamdulillah, bangunan ini masih bertahan walaupun sudah berusia 216 tahun, Mesjid Raya Gantiang ini yang juga, bersih, sejuk, karpetnya tebal, dan jamaahnya pun ramai, namun tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19,” ujar orang nomor dua di Pemprov Sumbar ini.

Seperti tahun lalu, puasa Ramadan kali ini masih dibayangi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, protokol kesehatan harus tetap dijaga demi mencegah penularan virus Corona saat beribadah.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun telah mengeluarkan pedoman terkait protokol kesehatan selama bulan Ramadhan bagi umat muslim. Pedoman ini tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan 1442 Hijriah.

“Meski sedang pandemi Covid-19, saya mengajak umat muslim untuk tetap memperbanyak ibadah selama bulan Ramadan dengan membaca Al-Quran dan memperbanyak sedekah,” ucap Audy.

Selain itu, Audy juga mengajak umat Islam senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan mara bahaya, khususnya dari wabah Covid-19.

Menurutnya, pelaksanaan ibadah tarawih secara berjamaah di masjid di Padang sampai saat ini belum ada terdengar terjadi penyebaran Covid-19 atau klaster baru di Masjid.

“Sampai saat ini, saya belum mendengar adanya klaster Covid-19 di Masjid selama bulan ramadan ini. Alhamdulillah ini patut kita syukuri,” ungkapnya.

Dikatakan, kota Padang merupakan kota terbesar di Sumbar yang banyak terjadi penyebaran Covid-19. Untuk itu Audy minta masyarakat terus menjaga protokol kesehatan, jangan sampai lalai, hingga bisa memperluas virus corona.

“Silahkan saja beribadah, asal memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” tegas dia.

Selanjutnya, Wagub Sumbar menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Raya Gantiang berupa uang senilai Rp20 juta dan ia juga menyerahkan bantuan kain sarung sebanyak 100 helai kepada pengurus masjid. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional