Close

Wagub Audy Apresiasi Atlet Muay Thai, Recovery Dion Saputra Butuh 4 Bulan

KUNJUNGI DION— Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengunjungi Dion Saputra (atlet Muay Thai) di RSUD Yowari. Dion mengalami cedera pada bahu kiri dan patah tulang metacarval usai menghadapi petarung asal Jawa Barat, Ryan Rinaldi di fase semifinal.

JAYAPURA, METRO–Kedatangan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy disambut hangat oleh masyarakat minang di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10).

Wakil Gubernur yang berusia 38 tahun tersebut menyambangi Bumi Cendrawasih lantaran melihat kondisi-kondisi atlet Sumbar yang sebagian sudah mulai bertanding pada kejuaran olahraga yang berskala nasional tersebut.

Selain itu Audy juga turut hadir dalam pembukaan PON XX Papua 2021 yang langsung dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Stadion Lukas Enambe, Sabtu (2/10) malam.

Setibanya di Jayapura, Audy yang didampingi Kadispora Sumbar, Dedi Dian Taulani dan Ketua Umum KONI Sumbar, Agus Suardi, langsung mengun­jungi Dion Saputra Atlet cabang olahraga Muay Thai Sum­bar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Sebelumnya, Dion Saputra mengalami cedera pada bahu kiri dan patah tulang metacarval usai menghadapi petarung asal Jawa Barat, Ryan Rinaldi di fase semi final.

Usai membesuk Dion, Audy sangat apresiasi apa yang telah dilakukan Dion dan rekan-rekannya di Muay Thai. “Kita habis mengunjungi Dion, salah satu atlet Muay Thai Sumbar, Alhamdulillah Dion berhasil menyumbangkan perunggu, walaupun tidak mencapai target lantaran cidera, kita sangat apresiasi kita hargai pejuangan Dion,” ujarnya.

Audy juga berterima kasih kepada tim pelatih Muay Thai karena bisa teliti melihat kondisi atlet dan memutuskan untuk melempar handuk.

“Keputusan yang tepat diambil oleh tim pelatih, karena sudah melihat kondisi atlet yang tidak memungkinkan, tapi itu adalah bukti dion ingin memperjuangkan nama Sumbar, semoga dion cepat pulih, dan bisa berprestasi jauh dari saat ini,” tutupnya.

Sementara itu, Pelatih Muay Thai Sumbar, Arif Rahman Nasir mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wagub Sumbar ke RSUD Yowari untuk melihat kondisi atletnya. “Kami berterima kasih atas kunjungan Wagub, Kadispora, dan Ketua KONI Sumbar karena sudah menyempatkan waktu melihat kondisi Dion, kedepannya saya harap dengan kunjungan ini Dion segera pulih dan bisa memper­siapkan diri untuk PON di Aceh berikutnya,” tutupnya.

Recovery

Sementara itu, usai operasi, Dokter kontingen Sumbar Afriawardi langsung melihat kondisi terakhir Dion  di mess atlet Muaythai di asrama STT GIDI Putra, Kabupaten Jayapura, Minggu (3/10).

Afriawardi mengatakan, secara umum kondisi Dion sudah membaik. Dion tidak lagi dirawat di RSUD Yowari, Doyo Baru, Kabupaten Papua. “Yang saya takutkan, bekas operasi pada jari menjadi kaku sehingga memperlambat proses penyembuhan. Tadi saya lihat, bekas operasi tidak diikat dengan media yang bisa meluruskan jari seperti papan kayu kecil, ini sangat penting agar tidak terjadi pergerakan,” ulas Dekan Fakultas Kedokteran Unand itu.

Afriwardi menyebut, secara keseluruhan hasil operasi tidak ada masalah, tinggal penyembuhan. “Tidak ada masalah. Tinggal penyembuhan saja,” tambahnya.

Untuk bisa kembali normal, Afriawardi menyebut memang butuh proses. Minimal membutuhkan waktu tiga sampai empat bulan untuk bisa kembali berakti­vi­tas baik itu latihan atau pun naik ring.

“Kalau manajemen perawatannya tepat, saya kira untuk kembali fit butuh recovery tiga sampai empat bulan,” pungkasnya. (rel/ren)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top