Menu

Wabup Tanah Da­tar Serahkan Sertifikasi Halal

  Dibaca : 264 kali
Wabup Tanah Da­tar Serahkan Sertifikasi Halal
TANDA TANGANI SERTIFIKAT—Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian serahkan sertifikasi halal.

TANAHDATAR, METRO–Wakil Bupati Tanah Da­tar Richi Aprian, Senin (21/6) hadiri acara silaturahmi dengan jajaran Kemenag Kabupaten Tanah Datar di Aula Kantor Kemenag. Da­lam acara tersebut juga hadir Dekan Fakultas Sya­riah IAIN Batusangkar Zai­nuddin, Kepala Dinas Pen­didikan dan Kebudayaan Riswandi, Sekretaris BKP­SDM Elvi Sandri, dan Ca­mat Lima Kaum Hendra Setyawan.

Selain silaturahmi, pa­da acara tersebut diserah­kan 6 (enam) sertifikat ha­lal bagi pelaku usaha mikro (UMKM) dan juga pe­nan­datanganan MoU antara Kemenag dengan IAIN Batusangkar terkait de­ngan bimbingan perni­ka­han dan sertifikasi produk halal.

Kepala Kemenag Ta­nah Datar H. Syahrul di kesempatan itu menyam­paikan saat ini Pegawai Negeri Sipil Kemenag Ta­nah Datar jumlahnya 977 orang, ditambah dengan tenaga honorer yang jum­lahnya juga mencapai ratu­san.

Pada masa pandemi seperti sekarang, menurut H. Syahrul yang paling sentral dari jumlah pe­gawai adalah tugas pega­wai penyuluh, dimana me­­re­ka harus membe­rikan penyuluhan lang­sung ke­pada masyarakat terkait dengan bahaya covid 19.

“Para penyuluh kami berikan tugas untuk mela­kukan penyuluhan kepada masyarakat terkait dengan covid 19 dan langkah-lang­kah untuk menghin­dari­nya. Mengapa mereka ? karena yang paling penting para petugas penyuluh kemenag memberikan pe­nyuluhan diiringi dengan ayat-ayat al quran dan hadist sehingga ini akan lebih mengena dihati ma­syarakat,” kata H. Syahrul

Pada kesempatan itu juga H. Syahrul meminta dukungan pemerintah dae­rah terkait dengan tugas penyuluhan termasuk pe­nyu­luhan tentang manfaat vaksin.

Di lain pihak Dekan Fa­kul­tas Syariah IAIN Batu­sangkar Dr. Zainuddin, me­ngatakan bahwa momen penandatanganan MoU antara Kemenag dengan IAIN Batusangkar teruta­ma dengan Fakultas Sya­riah terkait dengan bim­bingan pernikahan dan sertifikasi produk halal merupakan langkah yang sangat bersejarah dan sangat luar biasa.

Dikatakannya, terkait dengan produk halal me­mang sangat erat kaitan­nya dengan tugas pokok dan fungsi kemenag dan sasarannya adalah masya­rakat. Sementara pada Fakultas Syariah juga ada program studi khusus ter­kait dengan hal ini.

Sementara Wabup Ri­chi Aprian dalam sambu­tannya mengajak semua pihak untuk saling beker­jasama untuk mening­kat­kan rasa persatuan demi untuk membangun Ka­bu­paten Tanah Datar madani. “Kami yakin basamo mako manjadi, kok awak basamo indak ado karuah nan in­dak bisa awak janiahan. jadi harapan kami modal dasar kita, kebersamaan kita harus sama-sama te­rus kita pupuk,” kata Richi Aprian.

Terkait dengan penan­datangan MoU antara Ke­menag dengan Fakultas Syariah IAIN Batusangkar sangat erat kaitannya de­ngan tingginya tingkat per­ceraian di Tanah Datar akhir-akhir ini, baik cerai talak maupun cerai gugat. Malahan saat ini lebih ba­nyak cerai gugat yang terjadi, dan salah satu faktornya adalah tingginya pendapatan isteri diban­ding suaminya.

“Masalah ini harus kita carikan upaya penye­le­saian­nya dan bagaimana solusinya. Kami kalau ada ASN yang akan bercerai maka kami minta terlebih dahulu untuk coba dibi­carakan kembali dan kalau hasil kajiannya memang sudah bisa dipertimbang­kan lagi baru kami berikan izin. Tetapi kadang-kadang masalahnya hanya sepele, untuk itu bagi kami terkait dengan Tanah Datar Ma­dani yang berlandaskan adat basandi sara’ sara’ basandi kitabullah perlu kita galakkan bagaimana peran para tokoh agama, tokoh adat dan peran niniak mamak dalam menjaga anak kemenakannya, mu­dah-mudahan dengan ini tingkat perceraian di Tanah Datar bisa ditekan,” terang Wabup. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional