Close

Wabup Sijunjung Buka Bimtek Budidaya Pisang Kepok

TANAM PISANG KEPOK— Wabup Sijunjung Iradattillah menanam pisang varietas Kepok yang nilai ekonomisnya cukup menjanjkan.

SIJUNJUNG, METRO–Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Budidaya Pisang Kepok Tanjung di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) IV Nagari Kecamatan IV Nagari, Selasa (14/6).  Wabup Iraddatillah mengatakan, mengapa tema mengangkat pisang kepok ini bukan karena me­nanam pisang kepok saja. Tapi memberikan perhatian terhadap daerah, karena hampir tidak ada lagi jenis pisang batu atau kepok ini.

“Jenis pisang kepok merupakan pisang tanpa jantung. Maksudnya bukan tidak ada jantung tapi jantungnya men­jadi buah semua,”ucap Radi pag­gilan akrab Iraddatillah. Keuntungan budidaya pisang tersebut adalah buahnya banyak. Bahkan ada satu tandan itu kalau dijual seharga Rp200 ribu. Tetapi bukan di segi pendapatan ekonomi saja yang diinginkan, tapi bagaimana pisang tersebut bisa diolah masyarakat seperti olahan pisang goreng kipas.

Wabup mengaku, beberapa waktu lalu saat ke Pekanbaru melalui dinas terkait secara langsung sudah melihat dan mempelajari ba­gaimana cara olahan pi­sang goreng kipas sampai cara mem­produksinya. Sa­lah sa­tu pemilik pisang kepok Ye­yen mengapresiasi karena pisang kepok di Sijunjung le­bih besar daripada tempat lain. Kalau dike­lola dengan serius tentu akan menjadi pendapatan besar.

Kepada Balai Penyuluh Pertanian IV Nagari kiranya bisa menjadi contoh bagi masya­rakat budidaya pisang kepok. Karena sudah dibekali tentang budidaya pisang kepok.

Wabup Iraddatillah di­dampingi Perangkat OPD terkait, koordinator Kepala BPP IV Nagari dan penyuluh pertanian melakukan penanaman pisang kepok di lahan BPP setempat. (*/ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top