Close

Wabup Pasaman Barat Kukuhkan 43 Pengurus GOW

LANTIK PENGURUS— Wakil Bupati Pasbar H.Risnawanto melantik pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW ) Pasman Barat, kemarin.

PASBAR,METRO–Sebanyak 43 Pengurus Gabungan Organisasi Wa­nita (GOW) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), masa bhakti 2021-2025 res­mi dikukuhkan dan dilantik oleh Wakil Bupati Pasbar H.Risnawanto didampingi Penasehat GOW Kabupa­ten Pasbar Ny. Titi Hamsuardi, kemarin. di Aula kantor bupati setempat. Pengukuhan dan pelantikan dihadiri oleh Bupati Pasbar sekaligus pelindung GOW Hamsuardi, Ke­tua GOW Kabupaten Pasbar Ny. Fitri Risnawanto beserta pengurus, Ketua Organisasi Wanita Kabupaten Pasbar, bundo kan­dung dan stakeholder terkait lainnya.

Wakil Bupati Pasbar H.Risnawanto, sekaligus pembina GOW, Risnawanto mengatakan, bahwa peran wanita sangatlah besar. Bukan saja dalam keluarga, melainkan dalam mendukung pembangunan kabupaten Pasbar.

“Perempuan adalah Sosok yang tabah, sabar, ulet dan kuat dalam mendukung suami dan ikut serta untuk mendorong Kabupaten Pasbar. Tanpa ibu-ibu kami lemah, kami tidak akan mampu bekerja sendiri baik dalam membangun kabupaten Pasbar maupun membangun keluarga”, kata Risnawanto.

Dikatakan Risnawanto, peran gabungan organisasi wanita Pasbar dapat mendukung visi misi pemda Pasbar dalam segala bidang tak terkecuali dalam bidang ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Kemitraan akan semakin kuat dan memberi kepercayaan kepada pemda Pasbar untuk mencapai target demi kepentingan masyarakat Pasbar. “Hari ini kita masih kalah dalam persaingan ekonomi. Banyak usaha kecil yang belum kita koordinir secara baik,” ujar Risnawanto.

Peran GOW bersama PKK sangat dibutuhkan, sehingga UKM di suatu nagari maupun kecamatan dapat kita gali dengan maksimal. Dalam bidang pendidikan, bagaimana peran ibu- ibu memberikan bim­bingan agar anak-anak tidak putus sekolah, sebab persaingan di bidang pendidikan sangat kompetitif.

Selanjutnya, pengurus GOW harus peka terha­dap kesehatan di sekeliling tempat tinggal. Masih ba­nyak kasus stunting, dan harus segera mungkin ditangani. Selain itu, Penasehat GOW Ny. Titi Hamsuardi dalam sambutannya mengatakan bahwa pengukuhan dan pelantikan pengurus GOW terpi­lih, tentunya harus dijadikan momentum untuk me­lakukan instopeksi dalam memberikan pelayanan dan manfaat bagi masya­rakat.  “Khususnya yang tergabung dalam organi­sasi wanita, kita harus instrokpeksi diri sejauh mana kita berjuang me­nyum­bang­kan tenaga dan pikiran, me­nyuplai ilmu, wawasan dan pengalaman untuk memberikan manfaat untuk ma­syarakat,” sebutnya.

Lanjutnya, pengurus yang baru diharapkan dapat terus memelihara komitmen melaksanakan ke­giatan-kegiatan positif, sehingga eksistensi gerakan organisasi wanita Ka­bupaten Pasbar dapat men­jadi panutan bagi se­genap masyarakat.

Di samping itu, Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto menjelaskan GOW merupakan wadah kerjasama antar organisasi wanita Pasaman Barat. GOW ha­rus berpartisipasi dan bersinergi dengan peme­rintah dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Pasbar yang religius, berbudaya, adil dan sejahtera.

“Kami berharap orga­ni­sasi yang kami pimpin ini, nantinya bisa turut membantu dalam penuntasan program pemba­ngunan, seperti penuntasan kemiskinan, pe­ning­katan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak, peningkatan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat,” harap Ny. Fitri Risnawanto. (end)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top