Close

Wabup Padangpariaman Resmikan Balairung

RESMIKAN—Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang , kemarin, resmikan penggunaan Balairung Adat Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman.

PADANGPARIAMAN, METRO–Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang meresmikan penggunaan Balairung Adat Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman. Balairung adalah sebuah balai desa bagi orang Minangkabau di Sumatera Barat. Bangunan ini memiliki arsitektur yang sama dengan bentuk rumah gadang, arsitektur khas dari masyarakat Minangkabau.

Jika rumah gadang merupakan bangunan yang utuh, balairung adalah bangunan dengan struktur seperti pendopo yang digunakan untuk mengadakan mu­syawarah mufakat dalam ma­syarakat Minang.

Nagari Tandikek yang mewakili Kabupaten Padangpariaman dalam penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021 berupaya untuk melestarikan musyawarah mufakat dalam masyarakat minang dengan men­dirikan Balairung Adat niniak mamak nagari tandikek.

Penggunaan Balairung Adat niniak mamak Nagari Tandikek dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, bertempat di pasar Tan­dikek.

Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang memberikan apresiasi kepada Nagari Tandikek yang te­rus berupaya melestarikan Adat dan budaya masyarakat minang yang mengedepankan musya­warah untuk mufakat di nagari Tandikek dengan mendirikan Ba­lairung Adat niniak mamak nagari Tandikek.

“Saya mengapresiasi Nagari Tandikek yang terus berupaya melestarikan Adat dan budaya masyarakat minang yang menge­de­pankan musyawarah untuk mufakat di nagari Tandikek de­ngan mendirikan Balairung Adat niniak mamak nagari tandikek, mudah-mudahan ini akan terus dijaga oleh generasi penerus nantinya,” ujar Rahmang.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Rahmang menyampaikan bahwa penyambutan tamu dengan tari galombang diiringi dengan gandang rasa adalah sa­ngat penting dengan ini berarti kita telah melestarikan adat, seni dan budaya, mari kita junjung tinggi nilai adat dan budaya sekaligus melestarikan adat dan budaya yang punya filisopi adat Basandi sarak, sarak Basandi kitabulah,” jelasnya.

Lebih lanjut Rahmang menjelaskan karena lembaga KAN nagari Tandikek sudah dinilai oleh tim provinsi Sumatera Barat.

“Sedang menunggu hasil penilaian dari tim provinsi. Oleh karena itu tentu kita doa kan agar lembaga KAN nagari tandikek semoga berhasil keluar sebagai pemenang untuk tingkat provinsi karena untuk Kabupaten Padang­pariaman lembaga KAN kenaga­rian Tandikek yang mendapat juara 1, karena itulah KAN kenagarian Tandikek bisa mewakili Pa­dang­pariaman ke tingkat provinsi,” pungkasnya.

Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang juga tidak lupa mengingatkan kepada warganya untuk ikut divaksin dalam gebyar vaksinasi yang sedang giat-giatnya dilakukan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman.

“Terkait pencapaian target pelaksanaan vaksin di Seluruh Padangpariaman harus terus berupaya meningkatkan jumlah masyarakat yang ikut divaksin, untuk itu kami himbau kepada masyarakat untuk dapat secepatnya melaksanakan vaksinasi dan mari kita sukseskan program pemerintah ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Padangpariaman,” terang Wabup.

Di tempat yang sama ketua panitia pelaksana pembangunan Balairung Adat kenagarian Tan­dikek Bujang Pandawa menjelaskan bahwa pembangunan ini terlaksana berkat kerjasama semua elemen masyarakat serta swadaya dari masyarakat. menurutnya Pembangunan Balairung A­dat ini bertujuan untuk mening­katkan fungsi adat dikenagarian tandikek serta melestarikan adat dan budaya.

Bujang menambahkan bahwa Balairung merupakan suatu tempat bagi pemuka adat dalam menyelesaikan sengketa di te­ngah-tengah masyarakat. “A­dalah suatu kebanggaan bagi tokoh-tokoh adat serta ma­sya­rakat untuk menciptakan tokoh adat yang berwawasan adat Basandi sarak,sarak Basandi kita­bulah mari bersama-sama kita tingkatkan fungsi adat di ma­syarakat,” ungkapnya.

Pada acara Kegiatan peresmian Balairung Adat ini juga dihadiri Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Padangpariaman Asmadi, Kepala DPMPTP Padangpariaman, Alfian, Kabag Perekonomian, Mulyadi, Camat patamauan, Imran Rafi,i wali nagari Tandikek Saharudin kemudian juga dihadiri seluruh unsur niniak mamak alim ulama Cadiak pandai serta pemuda/pemudi se nagari Tan­dikek.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top