Menu

Virus Corona, Ekonomi Masyarakat Ikut Anjlok

  Dibaca : 101 kali
Virus Corona, Ekonomi Masyarakat Ikut Anjlok
Virus Corona, Ekonomi Masyarakat Ikut Anjlok

PADANGPARIAMAN, METRO
Tak ubahnya bak memakan buah simalakama, penanganan dan pencegahan virus Covid-19 di satu sisi, tentunya harus tetap memperhatikan kelangsungan ekonomi masyarakat. Sebab, jika hanya memperhatian salah satu sektor saja, tentunya akan berdampak buruk terhadap yang lainnya.

Kenyataan itu tidak ditampik Sekdakab Padangpariaman, Jonpriadi. Dengan alasan itu pula Jonpriadi menegaskan, jika jajaran Pemkab Padangpariaman yang dipimpin Bupati Ali Mukhni dan Wakil Bupati Suhatri Bur ini tetap memberikan perhatian serius kepada kedua sektor dimaksud.

Ya, penanganan atau pencegahan penyebaran virus Corona di satu sisi, di samping tetap memperhatikan pertumbuhan stimulus ekonomi.

“Seperti disadari bersama di satu sisi kita memang dituntut harus melakukan penangan dan antisipasi sedemikian rupa terhadap penyebaran virus covid-19, namun di sisi lain kita tentunya juga harus bisa mempertahankan laju perekonomian daerah,” terangnya.

Disebutkan, seperti diketahui, beberapa program yang berkaitan dengan langkah penanganan ekonomi seperti melalui jaringan sosial kesejahteraan masyarakat, penyaluran bantuan tunai langsung atau BLT serta sejumlah program lainnya.

Demikian pula halnya pihaknya belakangan juga ikut menggandeng kerjasama dengan lembaga swasta seperti wisma atau penginapan untuk lokasi isolasi mandiri  jajaran pemerintah daerah atau Pemdakab Padangpariaman.

“Dengan begitu tentunya kita berharap penanganan atau pencegahan penyebaran virus covid_19, juga tetap memperhatikan kelangsungan usaha sektor swasta yang ada, sehingga dengan begitu diharapkan sektor swasta juga bisa terus bergerak, seiring berputarnya uang di sektor tersebut,” terangnya.

Dalam hal ini kerjasama dengan Wisma Yorifa, dengan menetapkan wisama tersebut sebagai lokasi isolasi pemda adalah salah satu contoh konkret untuk itu.

Harus diakui sebutnya, tentunya tidak banyak daerah yang melakukan hal seperti itu, dan salah satu diantaranya adalah jajaran Pemkab Padangpariaman.

Jonpriadi mengakui tentunya sebuah dilema tersendiri bagi pihak pemerintah dalam menangani penyebaran virus covid-19 di satu sisi, dan memperhatikan kelangsungan ekonomi di sisi lain. Karena itulah sebutnya pihaknya dari jajaran Pemkab Padangpariaman berupaya  mencari berbagai terobosan penting agar sektor ekonomi juga tetap survive di tengah massifnya penanganan pencegahan penularan virus Covid-19 yang dilakukan akhir-akhir ini.

Satu hal yang mampu memberi secercah harapan baru lanjutnya, terutama mengingat  besarnya potensi ekonomi yang ada di Kabupaten Padangpariaman. Utamanya sektor pertanian dan perikanan.

Dimana fakta telah menunjukkan jika sektor ini tetap bisa eksis dan survive di tengah maraknya penyebaran virus Covid-19, seperti yang terjadi akhir-akhir ini.  (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional