Close

Versi The Muslim 500, Presiden Jokowi Tokoh Muslim Berpengaruh ke-13 Dunia

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)

JAKARTA, METRO–Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinobatkan sebagai sosok yang berhasil menduduki peringkat ke-13 dari 500 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. Mantan Wali kota Solo itu kembali masuk jajaran The Muslim 500 Most Influential Muslims 2022.

The Muslim 500 Most Influential Muslims 2022 merupakan survei yang rutin merilis siapa saja tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia setiap tahun yang digelar Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam Yordania yang berpusat di Amman, Yordania.

Namun, posisi Jokowi turun ke peringkat 13, setelah pada tahun sebelumnya dirinya berhasil menempati peringkat 12.

“Joko Widodo, atau Jokowi begitu ia dikenal, terpilih kembali sebagai Presiden Indonesia dalam pemilihan umum April 2019, memenangkan 55,5% suara dan akan menjalani masa jabatan kedua dan terakhirnya hingga 2024,” dikutip dari survei The Muslim 500. Minggu (24/7).

Dari Indonesia selain Presiden Jokowi, ada dua tokoh terkemuka lainnya yaitu mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj diperingkat ke -19 dan Habib Luthfi bin Yahya yang bertengger diurutan ke-32.

Sementara itu, Emir Qatar Tamim bin Hamid Al-Thani menjadi tokoh Muslim No 1 paling berpengaruh di dunia dalam survei itu, disusul oleh Raja Salman dari Arab Saudi, dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Peringkat keempat diduduki oleh Presiden Turki Tayyip Erdogan. Ia telah menjadi predisen Turki selama 11 tahun dan memenangkan tiga pemilihan berturut-turut pada 2002,2007, dan 2011.

Lalu, Abdullah II Ibn-Al-Hussein menduduki peringkat kelima orang Islam paling berpengaruh di dunia. Ia merupakan keturunan langsung Nabi Muhammad.

Peringkat keenam ditempati oleh Muhammad Taqi Usmani. Ia seorang sarjana keuangan Islam sekaligus ulama.

HM King Mohammed VI duduk di peringkat ketujuh. Raja dari Maroko ini adalah keturunan langsung Nabi Muhammad SAW. Keluarga Mohammed disebut-sebut telah memerintah Maroko selama hampir 400 tahun. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top