Close

Verifikasi Faktual Parpol, KPU Agam Gandeng Semua Stakeholder

RAPAT KOORDINASI— Kepala Kesbangpol Kabupaten Agam, Budi Prawira Negara menghadiri rapat koordinasi persiapan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu tahun 2024.

AGAM, METRO–Bupati Agam diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Agam, Budi Pra­wira Negara menghadiri rapat koordinasi persiapan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu tahun 2024 di Aula Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Agam, Budi Prawira Negara mengatakan, pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah secara serentak merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan berdasarkan azas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil).

“Semakin tinggi pastisipasi masyarakat yang ikut dalam pemilu dan pilkada, maka ini merupakan pertanda bahwa penyelenggaraan pemilihan bisa dikatakan berhasil,” ujarnya.

Menjadi indikator kesuksesan, tambah Budi, pelaksanaan pemilihan umum maupun Pilkada adalah dari segi partisipasi masyarakat yang ikut da­lam pemilihan. Untuk itu, dengan adanya rapat ini diharapkan kepada stakeholder supaya dapat me­lakukan sosialisasi dan pe­nyuluhan kepada masya­rakat.

Ini bertujuan agar lebih mengerti dan lebih tahu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan politik sehingga akan mampu me­milih dan memilah untuk melahirkan seorang pe­mim­pin yang berkualitas ditengah-tengah masya­rakat kita.

“Verifikasi faktual yang kita laksanakan pada saat ini merupakan tahapan yang sangat penting, karena hal tersebut adalah merupakan penelitian dan pencocokan terhadap dokumen persyaratan dengan objek dilapangan sebagai peserta pemilu,” ujarnya lagi.

Oleh sebab itu, pihaknya mengingatkan betapa pentingnya tahapan verifikasi faktual dan sosialisasi pada hari ini.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Agam, Ri­ko Antoni menyampaikan melalui rapat ini diharapkan semua dapat mengakomondir seluruh warga dan masyarakat yang sudah memiliki hak pilih agar didaftarkan dalam daftar pemilih.

“KPU Kabupaten Agam merupakan perpanjangan tangan dari KPU-RI dalam rangka melakukan penelitian dan verifikasi terkait pemenuhan syarat dari partai politik,” katanya

“Ini merupakan proses verifikasi faktual, yang akan kita lakukan ini semoga mendapat dukungan dari seluruh elemen yang ada di Kabupaten Agam,” ungkapnya lagi

Kegiatan yang berjalan lancar ini, juga diikuti oleh unsur forkopimda Kabupa­ten Agam, walinagari se Ka­bupaten Agam, unsur partai politik dan lainnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top