Menu

Verifikasi Faktual KTP Calon Perorangan Dimulai

  Dibaca : 458 kali
Verifikasi Faktual KTP Calon Perorangan Dimulai
ARAHAN—Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padangpariaman Zulnaidi saat memberikan arahan kepada jajaran.

PDGPARIAMAN, METRO
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padangpariaman Zulnaidi menyatakan segera melakukan verifikasi faktual (verfak) atas dukungan berupa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) warga terhadap pasangan calon perseorangan kepala daerah. Untuk itu dilaksanakan bimbingan teknis (bimtek) online kepada 447 petugas pelaksana.

“Bimtek dilaksanakan selama tiga hari. Instruktur semua komisioner memberikan materi dari Kantor KPU di Parikmalintang, sedangkan peserta mengikuti dari kantor camat masing-masing dengan protokol kesehatan,” kata Zulnaidi dan Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Ory Sativa, kemarin.

Katanya, peserta terdiri 103 panitia pemungutan suara (PPS) x 3 orang ditambah 53 petugas verifikasi serta 85 panita pemilihan kecamatan (PPK) x 5 orang.

“Selama tiga hari kami memberikan pembekalan tentang cara / teknis lengkap dengan simulasi tatacara verfak dan pengisian dokumen serta tanya-jawab terkait kendala yang mungkin ditemui di lapangan,” kata Ory seraya menambahkan, verfak dijadwalkan selama 14 hari mulai 24 Juni 2020.

Dikatakan, verfak dilakukan terhadap 28.981 lembar fotokopi KTP setelah verifikasi administrasi (vermin) berdasarkan 31.181 lembar fotokopi KTP awal. Sedangkan syarat sah dukungan untuk paslon bupati Padang Pariaman minimal. 26.689 lembar fotokopi KTP.

“Jika hasil verfak tak mencukupi syarat minimal dukungan, KPU akan memberi kesempatan kepada paslon untuk melengkapi dengan menyerahkan 200% dari kekurangan fotocopy KTP,” ujarnya.

Selain untuk paslon bupati, katanya lagi, dalam waktu bersamaan KPU Padang Pariaman juga melakukan verfak terhadap dukungan fotokopi paslon gubernur Sumatra Barat.

Lebih jauh dikatakan, bimtek verifikasi faktual bukti dukungan calon Bupati-Wakil Bupati Padangpariaman jalur perseorangan hari ini dengan metode simulasi yang diawasi langsung Ketua dan Komisioner KPU di 5 lokasi. “Warga Padangpariaman, mulai 27 Juni ini kami akan mendatangi pendukung Paslon sesuai bukti yang diserahkan ke KPU,” tandasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional