Menu

VCO Bisa jadi Anti Virus Corona

  Dibaca : 835 kali
VCO Bisa jadi Anti Virus Corona
PRODUK VCO— H. Zulhendrayani memperlihatkan produk VCO hasil produksi pengrajin di Koto Baru.

PDGPARIAMAN,METRO.
Merebaknya penyebaran wabah virus corona di tengah masyarakat agaknya bukanlah akhir dari segala-galanya. Pasalnya, tidak jarang hal itu justru membawa berkah tersendiri bagi sebagian masyarakat. Salah satunya, seperti terlihat di Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padangpariaman, sejak merebaknya kasus Covid-19 menerpa sebagian masyarakat, belakangan justeru membuat produk industri rumah tangga di nagari  ini semakin diminati oleh masyarakat.

Seperti diakui Walinagari Koto Baru, H. Zulhendrayani, sejak merebaknya penyebaran virus covid-19, belakangan membuat produk Virgin Coconut Oil (VCO), yang diproduksi para pengrajin di Nagari Koto Baru semakin diminati masyarakat.

“Diperkiarakan peningkatannya dibanding hari biasa bisa mencapai 10 persen atau lebih, Bahkan permintaan ada yang berasal dari luar daerah, seperti Bandung, Jakarta, Pekan Baru dan sebagainya. Khususnya dari perantau yang berdomisili di luar daerah. Begitu pun masyarakat yang ada di Sumatera Baratm,” terang H. Zulhendrayani.

Lebih jauh disebutkan, meningkatnya permintaan terhadap produk VCO yang diproduksi para pengrajin di daerah itu, tak urung membuat usaha mereka semakin bergairah.

Terlebih dengan semakin terbukanya peluang pasar untuk itu.

Menurutnya, tingginya permintaan pasar terhadap produk VCO akhir-akhir ini memang cukup beralasan. Pasalnya, berdasarkan penelitian dari profesor Sumaryati Syukur dari Unand Padang, menyebutkan jika kandungan asam laurat yang terkandung dalam produk VCO, ternyata sangat efektif sebagai pencegah atau anti virus. Itu artinya, kandungan yang terdapat dalam produk VCO juga sangat efektif untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

Juga tidak kalah pentingnya, produk Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni juga diklaim mengandung asam kaprilat dan asam laurat yang dikenal memiliki efek antivirus dan antimikroba. Minyak kelapa organik ini juga merupakan pembersih yang sangat baik untuk saluran penceraan maupun sebagai alat penetral asam lambung. “Selain itu, asam laurat memiliki efek yang sangat menguntungkan bagi tubuh manusia,” terangnya.

Pihaknya optimis jika ke depannya, prospek pemasaran produk vco di daerah itu makin meningkat, sehingga dampaknya bisa berdampak terhadap peningkatan masyarakat di daerahnya.

Senada dengan itu juga diakui Ir. Agussalim selaku ketua pengrajin  produk VCO di Nagari Koto Baru. Menurutnya, produk VCO ini juga sangat efektif untuk  merangsang metabolisme dan menyediakan sumber energi langsung. Ketika Anda menambahkan minyak kelapa dalam makanan, Anda akan membakar lebih banyak kalori karena metabolisme meningkat. Dalam arti lain, VCO sangat cocok bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan, termasuk sangat ampuh sebagai  penetrralisir lemak jenuh yang ada dalam tubuh,” terangnya.

Lebih jauh Agussalim menyebutkan, pihaknya sebenarnya bisa saja memproduksi VCO dalam jumlah besar, termasuk diantaranya memasarkannya ke swalayan-swalayan yang tersebar di berbagai daerah di Sumbar. Hanya saja sejauh ini pihaknya masih terkendala akibat belum keluarnya izin resmi dari BPOM.

“Makanya saat ini kita sedang berupaya untuk mengurusnya, sehingga nantinya jika semuanya telah bisa terealisasi, tentunya kita akan bisa memproduksi produk VCO ini lebih banyak lagi. Termasuk bagaimana agar bisa memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat akhir-akhir ini,” tegasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional