Menu

Varian Delta Diwaspadai dengan Pakai Masker 2 Lapis, Kuranji Tertinggi Kasus Kematian Pasien Corona

  Dibaca : 114 kali
Varian Delta Diwaspadai dengan Pakai Masker 2 Lapis, Kuranji Tertinggi Kasus Kematian Pasien Corona
Feri Mulyani Hamid Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang

AIA PACAH, METRO–Kota Padang hingga kini mencatat angka kematian karena virus corona sebanyak 463 jiwa. Hingga kemarin, kecamatan yang paling tertinggi adalah Kuranji dengan persentase sebesar 19,4 persen.

Data dari laman Diskominfo Kota Padang, jumlah sisa kasus positif di Kuranji adalah 819 kasus. Sementara total sisa kasus positif yang ada di Padang sebanyak 4.672 kasus. Se­lain dari kasus tersebut, per tanggal 28 Juli, jumlah pasien suspek mencapai 250 orang.

 Dari jumlah tersebut, sebanyak 45 orang dirawat karena bergejala sedang dan berat, sementara yang menjalani isolasi sebanyak 205 orang.

Kepala Dinas Kese­ha­tan Kota Padang, Feri Mul­yani Hamid kembali meng­ingatkan agar semua war­ga waspada dengan penu­laran virus corona varian delta yang sudah masuk ke kota bingkuang ini. Dimana penularan sangat cepat.

“Kita mengimbau ma­sya­rakat untuk semakin pa­tuh dengan protokol ke­se­hatan. Pakai masker dua lapis,” sebut Ferimulyani, baru-baru ini.

Disebutkan Feri, varian Delta ini menularnya lebih cepat. Kalau dulu orang yang baru terinfeksi misal­nya 5 hari baru bergejala, sekarang 1 atau 2 hari sudah menimbulkan gejala.

“Umumnya seseorang yang terjangkit varian Del­ta akan mengalami demam tinggi, mual, muntah-mun­tah lebih hebat, kemudian batuk menimbulkan sesak lebih cepat.

Seperti diketahui, ber­da­sarkan WHO, varian Delta dikenal juga dengan B.1.617.2. Varian Delta per­tama kali teridentifikasi di India. Karak­teristik varian Delta adalah lebih cepat menyebar dari­pada varian lain.

Varian Delta memiliki mutasi pada lonjakan protein sehingga membuatnya lebih mudah menginfeksi sel manusia. Mutasi virus ini juga membuat gejala yang muncul berbeda di­ban­dingkan varian lain.

Berdasarkan Zoe Covid Symptom Study terhadap pasien varian Delta di Ing­gris, gejala yang umum dite­mukan adalah sakit ke­pala, sakit tenggorokan, pilek, demam, dan batuk. Sedangkan kehilangan pen­ciu­man, dan sesak na­pas lebih sedikit dirasakan.

Diantara gejala Covid-19 varian Delta adalah, sakit kepala, sakit tenggo­ro­kan. Sejumlah pasien virus corona varian Delta juga melaporkan menga­lami gejala sakit teng­go­rokan. Kemudian gejala pilel atau ingus. Selain itu, diikuti gejala demam dan batuk. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional