Menu

Vaksinasi Warga Capai 18.514 Orang di Kota Solok

  Dibaca : 104 kali
Vaksinasi Warga Capai 18.514 Orang di Kota Solok
EVALUASI—Pemko Solok melalui SKPD terkait melakukan kegiatan evaluasi dan monitoring pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

SOLOK, METRO–Vaksinasi terhadap war­ga di Kota Solok telah mencapai angka 18.514 atau sebesar 32,46 per­sen dari sasaran. Se­mentara itu untuk dosis kedua ba­ru mencapai 9.429 warga atau sebesar 16,53 persen dari angka sasaran.

Untuk penyebarluasan informasi terkait pelak­sanaan dosis kedua, diha­rapkan adanya bantuan dan kerjasama lintas sek­tor dan program melalui petugas Puskesmas Pem­bantu (Pustu) dan Pos Kese­hatan Kelurahan (Pos­kes­kel), termasuk Ketua RT dan RW tempat masya­rakat penerima vaksin ber­domisili.

Menurut Plh. Kepala Dinas Kesehatan Kota So­lok Ardinal, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Solok telah memasuki ta­hap ketiga.  Dengan sasa­ran yang akan divaksinasi adalah masyarakat umum, masyararakat rentan se­perti ibu hamil, ma­sya­rakat dengan penyakit pe­nyerta (Komorbid) serta rentang usia 12 sampai dengan 18 tahun.

“Monitoring dan eva­luasi perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana ca­kupan vaksinasi Covid-19 serta kendala yang mung­kin terjadi dalam pelak­sanaannya di lapangan,” kata Ardinal , Jumat (20/8).

Kendati masih aman dan tidak akan mengu­rangi efektivitas vaksinasi pertama, namun hal ter­sebut haruslah menjadi tujuan tindak lanjut agar masyarakat yang telah diberikan vaksin pertama dapat kembali ke pe­la­yanan kesehatan untuk mendapatkan dosis kedua. Tujuanya agar imunitas yang didapatkan menjadi lebih optimal dalam me­lawan virus Covid-19.

Dihimbau kepada ma­syarakat, vaksinasi Covid-19 bermanfaat untuk mem­­beri perlindungan agar tidak tertular atau sakit berat akibat Covid-19 de­ngan menstimulasi ke­ke­balan spesifik dalam tubuh.

“Vaksinasi Covid-19 dosis lengkap dan sesuai jadwal yang dianjurkan serta penerapan perilaku 5M (memakai masker, men­cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, men­jaga jarak, menjauhi keru­munan dan mengurangi mobilitas) adalah upaya perlindungan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit Covid,” jelas Ar­dinal.

Kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilak­sanakan di aula Dinas Ke­sehatan Kota Solok terse­but juga dihadiri Kepala Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Ns. Jalisnawati, S.Kep, Penge­lola Program Imunisasi, Pimpinan Puskesmas dan Koordinator Imunisasi Pus­kesmas se-Kota Solok. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional