Close

Vaksinasi Massal Rupanjang Gandeng Polres dan DKK, Padangpanjang Capaian Vaksinasi Tertinggi di Sumbar

PADANGPANJANG, METRO–Rutan Kelas IIB Padangpanjang (Rupajang) kembali menggelar vaksinasi Covid-19 terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), masyarakat umum dan pelajar  di Kota Padangpanjang. Terkait pelaksanaan vaksinasi Rupanjang  menggandeng Polres Padangpanjang dan Dinas Kesehatan Kota (DKK). Kepala Rupajang Rudi Kristiawan, me­nyebutkan, vaksinasi yang dilaksanakan di halaman rutan setempat diikuti 120 peserta dalam rangka vaksinasi serentak terhadap Napi dan Warga Binaan Lapas oleh Satreskrim serentak se-Sumatera Barat.

“Target awalnya memang vaksinasi terhadap WBP Rupajang, tetapi karena WBP kita telah 100 persen menjalani vaksinasi. Hanya saja, masih ada 1 orang WBP kita yang menjalani vaksinasi karena perpin­dahan warga baru dan sisanya diikuti masyarakat dan pelajar,”sebut Rudi Kristiawan, Minggu (17/10) pada wartawan.

 Rudi juga merinci, dari 120 target vaksinasi, tiga orang diantaranya tidak bisa menjalani vaksinasi, karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan. “Kita juga mengucapkan terima kasih atas sinergitas dalam pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 ini kepada Polres Padangpanjang, Dinas Kesehatan dan petugas medis dari Puskesmas Koto Katiak. Se­hingga,kegiatan yang dilaksanakan tersebut bisa berjalan lancar,”jelas Rudi.

Sementara itu, Kapolres Padangpanjang AKBP Novianto Taryono, meninjau langsung pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan serentak oleh jajaran Satreskrim se-Sumatera Barat, sebagai upaya mendukung program vaksinasi na­sional dalam memutus penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah, kegiatan yang kita laksanakan hari ini berjalan lancar. Selain itu, gerai Vaksinasi Presisi Polres Padangpanjang juga dibuka setiap hari untuk melayani masyarakat yang akan divaksin, baik itu dosis pertama maupun dosis kedua,” sebutnya.

Capaian Vaksinasi Tertinggi di Sumbar

Sementara untuk capaian vaksinasi Covid-19 Kota Padangpanjang masih menempati urutan tertinggi di Sumatera Barat (Sumbar), terhitung 15 Oktober. Baik untuk persentase dosis pertama maupun dosis kedua.  Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Drs. H. Nuryanuwar, mengatakan, per 16 Oktober, capaian dosis pertama sebanyak 65,09 persen dan 39,04  persen untuk dosis kedua.

Dikatakannya lagi, tingginya capaian vaksin Kota Padangpanjang dibandingkan dengan daerah lain di Sumatera Barat, lantaran masyarakatnya yang sudah paham dan mengerti pentingnya vaksinasi.

“Dukungan TNI/Polri, camat, lurah dan tokoh masyarakat serta berbagai instansi vertikal lainnya terhadap tenaga kesehatan (nakes) dalam pelak­sanaan vaksinasi kepada masyarakat, juga sangat menunjang. Sehingga vaksinasi Covid-19 Padang­panjang tetap menempati urutan teratas di Sumbar,” ujarnya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top