Menu

Vaksinasi Covid-19 Halal dan Aman

  Dibaca : 298 kali
Vaksinasi Covid-19 Halal dan Aman
AKAUI— Spesialis Paru selaku Ketua Komda Penanggulangan dan Pengkajian Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Bukittinggi dr Deddy Herman akui vaksin Covid-19 aman dan halal.

BUKITTINGGI, METRO
Simpang siur informasi tentang vaksin Covid-19, dijawab langsung dr Deddy Herman SpP. Ia menegaskan bahwa vaksin Covid-19 halal, suci dan aman.

dr Deddy Herman, spesialis paru, selaku Ketua Komite Daerah (Komda) Penanggulangan dan Pengkajian Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Bukittinggi menjelaskan, vaksinasi ini sebenarnya akan diluncurkan pada November 2020 lalu. Namun, untuk lebih memastikannya aman, MUI Indonesia pergi ke China untuk memeriksa kehalalaln dari vaksi tersebut.

“Peluncuran ditunda, karena menunggu kepastian halal dan suci dari MUI. Jadi setelah dipastikan, aman, halal dan suci, baru dikirim ke Indonesia,” jelasnya.

dr Deddy melanjutkan, vaksinasi Covid-19 ini penting bagi masyarakat, terutama yang ingin bepergian keluar daerah atau keluar negeri. Contohnya, warga yang ingin pergi haji atau umrah harus menjalani vaksinasi. Karena masuk Arab Saudi harus tunjukkan kartu vaksin.

“Orang yang menghambat vaksinasi ini, bisa diartikan menghambat seluruh kegiatan di dunia Internasional. Untuk itu, jangan vaksinasi ini dihambat atau dibuat informasi hoaks yang menimbulkan polemik di tengah masyarakat,” tegas dr Deddy.

Vaksinasi dilakukan dua kali, hari pertama dan hari ke 14. Ini dilakukan untuk melihat apakah ada efek samping dan setelah hari pertama, dilakukan ulangan (booster) dalam 14 hari selanjutnya.

“Dengan booster, imunitas akan naik, sehingga jika terinfeksi Covid-19, efeknya tidak akan berat sakitnya. Sakitnya ringan saja. Artinya kita proteksi kematian akibat covid-19 atau kesakitan berat yang menimbulkan biaya besar untuk pengobatannya,” ujar dr Deddy. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional