Close

Vaksin Sudah Datang di Kota Pa­yakumbuh, tapi Hanya untuk Dosis Kedua

POLIKO, METRO–Sempat kosong se­lama 1 minggu, Vaksin Covid-19 dari kementerian keseha­tan telah sampai di Suma­tera Barat. Untuk Kota Pa­yakumbuh seba­nyak 445 vial atau 4550 dosis.

Namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Paya­kumbuh dr. Bakhrizal ke­pada media, Senin (2/8), mengaku vaksin yang da­tang ini dikhususkan untuk disalurkan kepada orang yang sudah mendapatkan vaksin dosis 1. Tujuannya agar ada efektifitas penya­luran dosis vaksin kepada masyarakat dan jangan sampai warga yang sudah divaksin dosis 1 jadi terlalu lama interval atau jarak waktu pemberian dengan vaksin dosis kedua.

“Harusnya  memang satu orang mendapat dua dosis, tidak satu kali suntik vaksin saja, intervalnya sekitar 1 bulan. Kalau vak­sin dosis 1 terlambat dibe­ri­kan, maka efektivitas vaksin dikhawatirkan ter­gang­gu, untuk itu sesuai edaran kementerian kese­hatan, vaksin yang datang ini kita berikan kepada mereka yang sudah dapat dosis pertama, mereka bisa datang ke pus­kes­mas-puskesmas mulai ha­ri ini,” ungkapnya didam­pingi Kabid Kesmas dan P3 Fatma Nelly.

Sementara itu, ketika ditanya kapan pelak­sa­naan bagi warga yang sama sekali belum disuntik vaksin atau belum men­dapat dosis pertama, Bakh­rizal menyampaikan perkiraan pada minggu kedua bulan Agustus.

“Insyaallah, Minggu kedua Agustus kita bisa memvaksin warga yang belum mendapat haknya, kita sudah minta ke pe­merintah provinsi agar mengirim tambahan vak­sin, mohon bersabar,” pungkas kadis yang akrab disapa Dokter Bek itu. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top