Menu

Vaksin Moderna Sudah Datang Sejak Awal Agustus, Diperuntukan Bagi Nakes, Melawan Varian Delta di Kota Sa­wahlunto

  Dibaca : 112 kali
Vaksin Moderna Sudah Datang Sejak Awal Agustus, Diperuntukan Bagi Nakes, Melawan Varian Delta di Kota Sa­wahlunto
TEKANKAN--Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sawahlunto Sriwaresky Ismal menekan vaksin Moderna diperuntukan bagi Nakes.

SAWAHLUNTO, METRO–Sudah tiga pekan sejak awal Agustus 2021 Kota Sa­wahlunto kedatangan vaksin Moderna. Vaksin Moderna yang berasal dari negara Amerika Serikat dari peru­sahaan Moderna Incorporation. Vaksin ini diberikan kepada Nakes (tenaga kese­hatan) sebagai vaksin ketiga untuk melawan varian Delta sebagai varian Covid -19 yang baru.

Dinas Kesehatan Sawah­lunto memberikan vaksin ini untuk Nakes yang bekerja di lingkungannya. Menurut da­ta yang dihimpun media ini dari Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Sri­wa­resky Ismal, SKM me­nyebutkan, bahwa  Nakes yang sudah Vaksin 1 se­banyak 109, 38 persen, Vak­sin 2 sebanyak 109, 29 persen dan Vaksin 3 sebanyak 79, 48 persen. Untuk vaksin 1 dan Vaksin 2 menggunakan vak­sin Sinovac dan untuk Vaksin 3 menggunakan Vaksin Mo­derna.

Untuk masyarakat Sa­wah­lunto sampai saat ini baik umum, nakes dan ASN target vaksinasi yang telah tercapai untuk Vaksin 1 se­besar 22,89 persen dan Vak­sin 2 sebesar 15, 95 persen.

Menurut Sriwaresky vak­sin Moderna akan diberikan kepada masyarakat umum. “ Vaksin Moderna diberikan kepada masyarakat umum diatas usia 18 tahun, berbeda dengan Sinovac bisa buat anak usia 12 tahun keatas. Moderna akan diberikan bu­at masyarakat umum pada 6 Puskesmas dengan jadwal Senin dan Kamis. Dikhu­suskan bagi warga yang sehat dan yang belum per­nah divaksin sebelumnya, buat waga belum ada vaksin ketiga,” ujar Sriwaresky.

Mengenai ketersediaan vaksin Sinovac, Sriwaresky menjawab bahwa sampai saat ini masih tersedia vak­sin Sinovac dan diper­gu­nakan untuk vaksin kedua, untuk warga disabilitas, re­maja dan orang gangguan jiwa.

Dikesempatan ini Kasi Pencegahan dan Pengen­dalian Penyakit Sriwaresky menghimbau warga Sawah­lunto agar mendatangi Pus­kesmas terdekat untuk vak­sinasi agar terhindar dari Covid -19, vaksin yang dibe­rikan gratis tidak dipungut biaya. Bagi masyarakat ca­rilah informasi yang benar mengenai seputar vaksin kepada petugas kesehatan jangan percaya informasi hoals. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional