Close

Usut Keterlibatan Prajurit Menyiksa Penghuni Kerangkeng Manusia, TNI Sudah Bentuk Tim  

Choirul Anam

JAKARTA, METRO–Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Choirul Anam menye­but TNI merespons cepat temuan pihaknya tentang kasus kerangkeng manusia di rumah Bupati nonaktif Langkat Terbit Rencana Pe­rangin Angin.

“Teman-teman TNI mereka sudah meres­pons surat kami,” kata Anam dalam keterangan pers yang disiarkan YouTube akun Humas Komnas HAM, Kamis (3/2).

Komnas HAM sebelumnya menyatakan penghuni kerangkeng manusia di area rumah Terbit mengalami tindak kekerasan.  Ada beberapa pihak yang diduga terlibat melakukan kekerasan. Mulai dari anggota ormas, penga­was kerangkeng, hingga prajurit TNI dan Polri.

Anam mengatakan bahwa TNI sudah mem­bentuk tim menindaklanjuti temuan tentang keterlibatan prajurit dalam tindak kekerasan kepada penghuni kerangkeng manusia. “Sudah ada tim yang turun dan melakukan pendalaman dan penyelidikan atas informasi yang kami berikan. Ini sangat baik prosesnya dan kami mengapresiasi,” beber alumnus Universitas Brawijaya itu.

Sementara itu, Anam merasa yakin polisi juga akan bertindak cepat menyikapi temuan Komnas HAM soal anggota Polri jadi pelaku kekerasan kepada penghuni kerangkeng manusia. Toh, kata bekas aktivis di Human Rights Working Group (HRWG) itu, polisi selalu terbuka dan berkoordinasi kepada Komnas HAM dalam penyelidikan kasus kerangkeng manusia di area rumah Bupati Terbit.

“Mereka (polisi, red) berkomitmen mela­kukan pendalaman, penyelidikan, jika terbukti akan ditindak tegas,” beber Anam. (ast/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top