Close

Usut Dugaan Korupsi Rp 2,1 Miliar, Kejari Padang Bakal Panggil Pemberi Dana Hibah ke KONI Padang

Terry Gutama Kasi Pidsus Kejari Padang.

PADANG, METRO–Penyidikan dugaan penyelewengan dana Komite Olahraga Na­sio­­nal Indonesia (KONI) Kota Padang, oleh Kejak­saan Negeri (Kejari) Pa­dang terus ber­lanjut. Tan­pa pan­dang bulu, Kejari Pa­dang akan me­manggil semua unsur yang ter­li­bat di pusaran dana hi­bah tersebut.

Setelah memanggil 35 cabang olahraga yang berada dibawah naungan KONI Padang, Jaksa akan memanggil unsur-unsur pemberi dana hibah pada organisasi induk cabang olahraga yang sebelumnya di ketuai oleh Agus Suardi periode 2014-2018 dan periode 2018-2022.

“Semua cabang olahraga sudah kita panggil. Ada dua cabor yang tidak jadi kita panggil di masa penyidikan, karena pengurusnya sudah meninggal dunia,” ucap Kajari Padang Ranu Subroto melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Therry Gutama, Selasa (9/11).

Ditegaskan Mantan Kasi Intelijen Kejari Dharmasraya ini, pihaknya akan memeriksa semua unsur pemberi dana hibah untuk KONI Padang.

 ”Mereka akan kita panggil dalam minggu ini. Semoga saja pemeriksaan saksi dari unsur – unsur pemberi dana hibah ini lancar, sehingga semakin terang benderang permasalahan KONI Padang ini,” katanya.

Therry Gutama menuturkan, penyidikan kasus korupsi di KONI Padang sebagai bagian dari supremasi penegakan hukum keolahragaan Kota Padang.

“Tujuannya agar pengurus olahraga Kota Padang kedepannya tidak lagi bermain – main menggunakan dana rakyat,” tandasnya.

Seperti diketahui, Kejari Padang tengah melakukan penyidikan terkait dengan dugaan korupsi dana hibah KONI Padang secara marathon. Diperkirakan sebanyak Rp 2,1 miliar dana hibah dimaksud menjadi bancakan oleh oknum pengurus, sehingga menyebabkan negara mengalami kerugian.

Tindakan yang dilakukan Kejari Padang pun mendapat banjir dukungan pemuntasan kasus KONI. Hal ini dibuktikan juga dengan dibanjirinya kantor tersebut oleh papan karangan bunga dari berbagai pihak.

Salah satunya, karangan bunga tersebut kiriman mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar, yang kini Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar. Tertulis “Selamat. Dukung Apresiasi Kejari Usut Tuntas Korupsi di KONI Padang.”

Kemudian, juga karangan bunga dari mantan Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra, sekaligus bagian pengurus Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Sumbar. Juga ada karangan bunga dari Mantan Ketua KONI Sumbar Prof Syahrial Bakhtiar. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top