Close

Usulan Warga di Rakorbang sebanyak 33, Pemasangan Batu Bronjong sangat Mendesak

RAKORBANG—Rakorbang Kelurahan Mata Air dibuka Camat Padang Selatan Jasman, didampingi Lurah Mata Air Suardi dan dihadiri anggota DPRD Kota Padang Boby Rustam.11.45

PADANG, METRO–Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Kelurahan  Mata Air, Kecamatan Padang Selatan  bertemakan, “Dengan Rakorbang Kita Mantapkan Kua­litas Infrastruktur dan Ling­kungan dalam Mendukung Perekonomian Kota untuk Mewujudkan Kota Padang sebagai Kota Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata Unggul”, digelar Minggu (22/1) di Aula Pertemuan Gedung Kelurahan Mata Air.

Usulan warga dari 15 RW yaitu renovasi kantor lurah lama untuk balai pertemuan, membuat saluran dari atas bukit, pembuatan WC umum, renovasi ta­man bermain anak, modal usaha ,pembuatan selokan, pelatihan memasak, pembautan Rebat beton, Tribun Medan nan bapaneh, Box Clover, pekerjaan bahu jalan,renovasi din­ding SDN 35, penerangan, betonisasi,saluran air, pem­buatan riol, sekretariat bank sampah, perbaikan pos ronda dan taman ka­nak –kanak lama, landasan kontainer,perbaikan polo­ngan /duiker,pelatihan um­km, pembuatan jalan ke SMP Yulin Pratama, pelatihan menjahit seprai tambah alat,pelatihan kube gang bambu (cake plus alat),pembangunan tangga jalan wisata matoa, pekerjaan pembuatan jalan baru Indosiar ,pelatihan tata boga,pemasangan batu boronjong, pembangunan gedung serba guna, pemberdayaan kube /UMKM, pelebaran riol, penambahan tinggi badan jalan setebal 30 cm,pembuatan trotoar diatas saluran sungai, pelatihan kerajinan ibu  -ibu

Camat Padang Selatan Jasman membuka acara Rakorbang mengatakan,  kita telah melaksanakan rakorbang di Kelurahan Mata Air tahun 2023 kita bersyukur partipasi warga, RT, RW, LPM seluruh elemen termasuk jua anak nagari.  “Luar biasa  semangat peserta rakorbang bagaiman  Mata Air kedepannya lebih bagus sekali,” ujar Jasman.

Di samping itu kita sa­ngat berharap dalam forum terungkap prestasi -prestasi pembangunan -pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh kelurahan dibawah pimpinan Lurah Suardi ini luar biasa.

Kita melihatnya seba­gai suatu inovasi, kalau hanya  menghadalkan kegiatan dan anggaran dari pemerintah tanpa pertisipasi. Semua kita kerjakan secara bergotong royong, bersama -sama dengan duduk bersama-sama ,Kelurahan Mata Air  menjadi proritas bagi kita dalam pembangunan. “Mudah -mudahan  apa yang diusulkan oleh dan sudah masuk kerangka formatnya  rakorbang tahun 2024 ini tinggal menginputnya saja, usulan sebanyak 33,” jelas Jasman.

Lurah Mata Air Suardi mengaku kegiatan Rakorbang adalah meninadak lanjuti hasil dari rembuk warga yang dilaksanakan oleh masing masing RT, dan RW ,jadi masing ma­sing RT dan RW membawa usulan kegiatannya ke tingkat rakorbang. “Mudah -mudahan usulan 33 tersebut bisa teralisasi pada tahunn2024 sementara itu kita proritas untuk pema­sangan batu boronjong di RW 10, pembuatan Tribun Medan nan bapaneh di depan SD 35 di RT 02 Rw 3,” sebutnya.

Anggota DPRD Kota Padang Boby Rustam pada acara Rakorbang mengatakan, kami dari anggota DPRD Kota Padang pada prinsipnya menekankan usulan yang disampaikan argensi yang jelas, peruntuknya untuk apa, RAB yang jelas,dan langkah kedepannya seperti apa, apa kebutuhan mendesak. “Pada saat ini kita perlu yang lebih urgen bagaiman meningkatkan  ekonomi masyarakat karena kita lebih dua tahun ini terdampak Covid 19, ekonomi juga terdampak. Untuk itu kita memperhatikan usaha – usaha UMKM,Kube, eko­nomi kreatif, semoga eko­nomi masyarakat cepat pulih,” sebut Boby. (ped)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top