Menu

Usulan Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wabup, DPRD Gelar Rapat Paripurna

  Dibaca : 683 kali
Usulan Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wabup, DPRD Gelar Rapat Paripurna
Usulan Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wabup, DPRD Gelar Rapat Paripurna

PASAMAN, METRO
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman menggelar rapat paripurna dalam rangka pengumuman usulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pasaman Bustomi didampingi oleh Wakil Ketua DPRD l Danny Ismaya dan Wakil Ketua DPRD Yasri serta dihadiri oleh Bupati terpilih Benny Utama dan Wakilnya Sabar As, Forkopimda, Sekretaris Daerah Pasaman, Sekretaris DPRD, Ketua KPU Pasaman, Ketua Bawaslu Pasaman dan Pimpinan Partai Politik.

Rapat paripurna terbuka itu diselengarakan di Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping. Senin (25/1).

Ketua DPRD Pasaman Bustomi saat membuka kegiatan rapat menyampaikan dasar pengumuman pengusulan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman terpilih yakni pasal 160 A ayat (2) undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati/Walikota menjadi undang-undang.

Lebih lanjut dijelaskan Bustomi, Pasal 164 ayat (1) huruf e undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018.

Selanjutnya pimpinan sidang menetapkan Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati tahun 2020 yaitu Banny Utama sebagi Bupati terpilih dan Sabar As Sebagai Wakil Bupati.

Kemudia DPRD Pasaman mengusulkan pengesahan pengangkatan Paslon Bupati dan Wakil Bupati tersebut selanjutnya akan disampaikan oleh Pimpinan DPRD kepada Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Sumatera Barat untuk pengesahan y sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pasaman.

Sebelumnya Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Benny Utama-Sabar As ditetapkan sebagai calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Pasaman dalam pleno penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman.

Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi menjelaskan, pelaksanaan rapat pleno penetapan calon terpilih bupati dan wakil bupati Pasaman terpilih berdasarkan surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman nomor 169/HK.03.01-kpt/1308/KPU-KAB/X/2019.

Menurut Rodi keputusan KPU Pasaman tersebut tentang pedoman teknis tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman tahun 2020.

Pelaksanaan penetapan pasangan calon terpilh pemilihan serentak tahun 2020 dilaksanakan setelah keluarnya surat Mahkamah Konstitusi nomor 165/PAN.MK/01/2021 perihal keterangan perkara PHP gubernur/kabupaten/kota tahun 2021 yang tergister di MK tanggal 20 Januari 2021 yang kemudian diteruskan oleh KPU RI ke masing-masing KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota yang menyelenggarakan pemilihan serentak tahun 2020 melalui surat dinas nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 perihal penetapan pasangan calon terpilih pemilihan serentak tahun 2020 tertanggal 20 Januari 2021.

Dimana dalam surat KPU ini dijelaskan daerah yang tidak ada sengketa di MK dapat melaksanakan penetapan pasangan calon terpilih paling lambat lima hari setelah keluarnya surat dari MK. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional