Close

Usai Rebut Dua Perak PON Papua, Andre Rosiade: FORKI Sumbar Seleksi 198 Karateka Muda untuk Kejurnas

SELEKSI KARATEKA MUDA— Seleksi atlet FORKI Sumbar untuk kategori kadet, yunior dan U-21 digelar Sabtu (23/10). Seleksi dilaksanakan untuk memilih atlet yang akan mengikuti Kejurnas yang dilaksanakan di Bandung, pada 6 dan 7 November mendatang.

RIMBO KALUANG, METRO–Tak mau berlama-lama dalam euforia dua perak pada Pekan Olah­raga Nasional (PON) XX di Papua, atlet karate Sumbar yang bernaung di bawah Federasi Karate-Do Olahraga Indonesia (FORKI) Sumbar langsung mem­persiap­kan langkah berikut. Pem­binaan usia muda atau junior langsung di­ke­but oleh Ketua Umum FORKI Sumbar Andre Rosiade.

Anggota DPR RI itu me­nyebut, Sabtu (23/10) lang­sung digelar seleksi atlet FORKI Sumatra Baratun­tuk kategori kadet, yunior dan U-21. Seleksi dilaksa­nakan untuk memilih atlet yang akan mengikuti Ke­jua­raan Nasional FORKI (Kejurnas) kadet, yunior dan U-21 yang akan dilak­sa­nakan di Bandung, Jawa Barat (Jabar) 6 dan 7 November 2021. Peserta yang ikut mencapai 198 karateka.

“FORKI Sumbar ingin terus meningkatkan kua­litas dan prestasi para atlet, tentunya dari tingkat paling muda. Karena itulah kita adakan seleksi ini dari tingkat paling bawah, agar bisa berbicara banyak pa­da Kejurnas di Jabar bulan depan,” kata Andre Ro­siade yang terus membe­rikan motivasi bagi semua karateka Sumbar.

Acara seleksi sendiri dibuka oleh Ketua Tim Se­leksi Indrieffouny Indra yang juga Kabid IV Pene­litian dan Pengembangan (Litbang) FORKI Sumbar. Arif, sapaannya menyebut pembukaan seleksi diikuti  oleh 198 atlet, pengurus, tim peyeleksi dari Pakar Fakultas Ilmu Keolahra­gaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP) dan orang tua atlet.

Indrieffouny mengata­kan, seleksi dilaksanakan Sabtu dan Minggu (23-24/10) di Gedung Beladiri GOR H Agus Salim Padang, di­mulai tepat waktu pukul 08.00 WIB setiap hari. “Pe­serta seleksi yang ikut berdasarkan usulan dari Perguruan dan Pengcab FORKI se Sumatera Barat yang memenuhi kriteria, kata Indrieffouny usai pembukaan seleksi.

Adapun kriterianya, ka­tanya,  peringkat 1, 2 dan 3 Kejuaraan Nasional FOR­­­KI peringkat 1 dan 2 Ke­jua­raan Nasional Perguruan, usulan dari perguruan mak­simal 3 orang, usulan dari Pengcab FORKI mak­simal 3 orang dengan ke­tentuan usia yang telah ditetapkan.

“Kadet putra dan putri kelahiran 10 Desember 2005 sampai dengan 9 De­sember 2007. Yunior putra dan putri kelahiran 10 De­sember 2003 sampai de­ngan 9 Desember 2005. Sementara U-21 putra dan putri kelahiran 10 Desem­ber 2001 sampai dengan 9 Desember 2003,” kata man­tan Direktur Produksi PT Semen Padang ini.

Indrieffouny menye­but,  seleksi digelar dalam dua tahapan. Hari perta­ma, 23 Oktober 2021dila­kukan test kemampuan fisik umum, diikuti oleh seluruh peserta. Peserta yang lolos akan diumum­kan langsung setelah se­lek­si dilaksanakan dan setelah data selesai diolah. “Hari keduaMinggu, test pertandingan kata dan ku­mite, diikuti oleh peserta yang lolos test Kemam­puan Fisik Umum dengan pakaian karate,” katanya.

Untuk teks kemampuan fisik umum, sebut Indrief­founy, dipimpin oleh Dr Padli MPd. Tim akan me­mas­tikan inggi badan, be­rat badan, kekuatan le­ngan, kekuatan tungkai, kecepatan dan daya tahan. Sementara test pertan­dingan kata dan kumite dipimpin oleh senpai Sakh­yar. “Hasil seleksi akan diu­mumkan Senin, 25 Okto­ber 2021 melalui Ketua Pergu­ruan dan Ketua Pengcab FORKI,” sebutnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top