Close

Usai Pulang Sekolah, Keamanan Murid Sekolah Penting

SEBERANGKAN—Terlihat Zainal, petugas Satpam SDN 04-SDN 08 Pisang, Pauh sedang menyeberangkan murid murid usai jam belajar.

PADANG, METRO–Keamanan menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung rasa aman dan nyaman dalam ketertiban di lingkungan sekolah, terutama saat kegiatan belajar mengajar (KBM) tengah ber­lang­sung.

Kepala SDN 04-08 Pisang, Ke­camatan Pauh, Fatniwati, S.Pd kepada POSMETRO mengatakan,  keamanan sekolah harus diu­tamakan karena murid dan guru harus memiliki aman dan nyaman, baru bisa melaksanakan KBM dengan baik.

“Sekolah kami ada petugas keamanan dan keberadaannya sangat membantu dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pro­ses belajar mengajar,” ujar Fat­niwati.

Dikatakannya, satpam diper­lukan ketika sekolah sedang me­laksanakan aktivitas. Salah satunya untuk menjaga ada pihak luar yang sengaja melintasi dan masuk ke halaman sekolah. Juga untuk me­ngatur anak saat diantar dan dijemput orangtua karena sekolah berada di pinggir jalan raya.

“Kalau tidak dijaga pastinya aktivitas terganggu, anak bisa menyeberang tanpa diawasi, orang bisa masuk ke lingkungan sekolah dan itu akan mengganggu keter­tiban,” katanya.

Belum lagi, kata Fatniwati,  saat istirahat kemungkinan para guru sibuk atau berada di dalam kantor, di sinilah tugas satpam untuk mengontrol anak, jangan sampai melakukan tawuran, merokok, atau tindakan lainnya yang meng­gang­gu. Petugas keamanan berperan mengawasi anak dan lingkungan sekitar sekolah.

“Satpam kami mulai di sekolah sebelum guru dan siswa datang. Dia baru pulang setelah siswa dan guru semua sudah meninggalkan sekolaj. Dia akan tunggu sampai orangtua datang menjemput anak-anak,” tuturnya.

Seorang orangtua murid, El­mi (38), mengatakan saat anak­nya di sekolah dirinya tidak khawatir karena ada petugas keamanan.

“Anak saya dulu sekolah di tempat lain. Tapi karena saya rasa kurang aman sebab sekolah di pinggir jalan raya, saya khawatir, makanya saya pindahkan ke sini. Saya lihat bagus sebab pulang sekolah anak  ditunggui sampai kami jemput,” katanya.

Satpam SDN 04-08 Pisang Zai­nal mengaku,  tugasnya adalah menjaga keamanan sekolah dari pagi sebelum para guru dan murid datang ke sekolah, saat KBM berlangsung,  hingga jam pulang sekolah.

“Saya datang pagi sekali, lalu kontrol lingkungan, kemudian balik ke pintu gerbang untuk mengawasi anak-anak saat masuk sekolah. Saat pulang sekolah, saya akan tungga sampai semua murid sudah dijemput orangtua, baru saya pulang,” kata Zainal. (ped)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top